UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK PADA PELAJARAN PAI MATERI PERNIKAHAN DI KELAS XII TKJ SMKN 1 JEUMPA KABUBATEN BIREUEN

Fitriati Fitriati Fitriati

Sari


ABSTRAK

 

Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran PAI Materi Pernikahan di Kelas XII TKJ SMKN 1 Jeumpa Kabupaten Bireuen. Dari hasil pengamatan terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditemukan gejala-gejala atau fenomena-fenomena sebagai berikut:1) Adanya sebagian siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. 2) Jika diberi kesempatan bertanya tidak bertanya. 3) Adanya sebagian siswa yang kurang aktif dalam memberikan sumbangan terhadap respons siswa yang kurang releva4) Jika guru menerangkan materi pelajaran, siswa hanya mendengarkan tanpa berinisiatif bertanya dan menganggapi. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jeumpa, khususnya pada kelas XII TKJ. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Jeumpa yang berjumlah 33 orang. Sedangkan objek dalam penelitian adalah Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Jeumpa. Sedangkan teknik sampling yang dipergunakan adalah sampel bertujuan atau purposive sample. Teknik ini digunakan mengambil sampel yang besar. Sehingga penelitian ini hanya memfokuskan pada siswa kelas XII TKJ yang berjumlah 33 orang siswa.  Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pada observasi pertama keaktifan belajar siswa melalui metode kerja kelompok dengan persentase 54,55% dengan kategori “Kurang Baik”, karena berada pada rentang 40%-55%. Pada observasi kedua dengan persentase 84,85% dengan kategori “Sangat Baik” karena berada pada rentang 76%-100%. Dari hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa peranan metode kerja kelompok terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran pendidikan agama islam pada materi perilaku terpuji di SMK Negeri 1 Jeumpa kelas XII

 

Kata Kunci;  Hasil Belajar Siswa   Metode Kerja  Kelompok


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 1993. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

.Hasibuan dan Moedjino. 1996. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya

.Hidayat, Kosadi, dkk.. 1987. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta.

Sudirman, dkk. 1987. Ilmu Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.