PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI ANGKA SISWA KELAS X MIA.3 SMA NEGERI 1 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Sari
ABSTRAK
Masalah keterampilan membaca notasi musik terutama notasi angka adalah yang menjadi permasalahan utama terhadap pembelajaran seni musik di SMA Negeri 42. Keterampilan siswa kelas X MIA.3 dalam membaca notasi musik terutama notasi angka masih sangat rendah. Ini penulis ketahui setelah melakukan pretes sebelum penelitian tindakan kelas, hanya 8 siswa atau 20 % saja yang mampu membaca dan menulis notasi angka dari jumlah siswa seluruhnya sebanyak 40 orang. Kesulitan siswa dalam membaca notasi angka terutama pada tingkat pemahaman bentuk dan nilai not, bunyi nada yang digunakan dalam notasi angka seperti bunyi nada do-re-mi-fa-sol-la-si, membaca dengan ketukan birama not 1/4, 1/2, 1/3, 3/4, dll. Mengacu pada permasalahan tersebut, dalam pembelajaran seni music penulis menerapkan metode demonstrasi. Oleh karena metode demonstrasi penyajiannya lebih mengutamakan peragaan dan praktik yang memang tepat untuk pelajaran seni music. Dengan menerapkan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran seni musik, secara realitas, terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca notasi angka siswa kelas X MIA.3. Sejalan dengan itu, aktifitas dan kualitas belajar siswa juga turut meningkat. Hal ini berdasarkan data yang penulis peroleh dari sebaran angket, lembar pengamatan, jurnal harian, dan evaluasi melalui pretes dan postes yang penulis lakukan. Diperoleh peningkatan cukup signifikan, yaitu tingkat keaktifan siswa di siklus I sebanyak 22 siswa atau 55,00 % saja, tetapi di Siklus II meningkat menjadi 37 siswa atau meningkat menjadi 92,50 %. Sementara peningkatan hasil belajar Siklus I nilai rata-rata 73,33 dan di Siklus II meningkat menjadi 81,20. Artinya peningkatan aktifitas belajar dan hasil belajar sudah melewati target KKM yang telah ditetapkan yaitu 75,00.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Keterampilan Membaca, Notasi Angka
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Supardi Suhardjono. 2011. Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Penerbit Andi.
UHAMKA 2009. Peningkatan Profesi Guru Melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
(PAKEM). Jakarta: Rayon 37 UHAMKA.
Mendiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas
Sri Gianti, Ella Sulhah, Purnama Saifurrahman, 2009. Bahan Ajar Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru. Jakarta: Rayon 37 UHAMKA
M. Soeharto, 1993. Belajar Notasi Musik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tim Seni Musik SMA, 1999. Pendidikan Seni Musik SMA 1. Jakarta: Galaxi Puspa Mega
Matius Ali, 2006. Seni Musik SMA Untuk Kelas X. Jakarta: e s i s
Hadi Sunarko, 1987. Seni Musik. Jakarta: Rosda Karya
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.