UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI KIMIA UNSUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE DI KELAS XII MIA.1 SMA NEGERI 1 BUBON TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Sari
ABSTRAK
PTK dengan Judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Kimia Unsur dengan Menggunakan Model Inside Outside Circle di Kelas XII MIA.1 SMA Negeri 1 Bubon Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuannya untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi kimia unsur dengan menggunakan model inside outside circle di kelas XII MIA.1 SMA Negeri 1 Bubon Tahun Pelajaran 2019/2020. sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimankah upaya dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi kimia unsur dengan menggunakan model inside outside circle di kelas XII MIA.1 SMA Negeri 1 Bubon Tahun Pelajaran 2019/2020?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan, bahwa peningkatan nilai rata- rata yaitu 47,8 pada kondisi awal menjadi 72,1 pada siklus I dan menjadi 83,2 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 24,2% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 11,1% dari siklus I. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan sebesar 35,3. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 30% dari kondisi awal, siklus II meningkat 30% dari siklus I. Ketuntasan keseluruhan menjadi 70%.
Kata Kunci: Hasil belajar, kimia unsur dan model pembelajaran inside outside circle.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdul rahman. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana
Anita Lie.2008. Cooperative Learning. Jakarta. Grasindo.
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta
: Rineka Cipta
-------, 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Huda. 2011. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang
Istarani. 2012. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa.
Johari, J.M.C. & Rachmawati, M. 2008. Kimia SMA dan MA untuk Kelas
XII Jilid 3. Jakarta: Esis
Kean E dan Middlecamp. 1985. Panduan Belajar Kimia. Jakarta : Gramedia.
Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif. Jakarta:Pustaka Prestasi Publisher.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta.
Sumadi. 2001. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Syaiful Djamarah. 2000. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Redaksi. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.