UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI KIMIA UNSUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE DI KELAS XII MIA.1 SMA NEGERI 1 BUBON TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mairina Mairina Mairina

Sari


ABSTRAK

 

PTK dengan Judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Kimia Unsur dengan Menggunakan Model Inside Outside Circle di Kelas XII MIA.1 SMA Negeri 1 Bubon Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuannya untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi kimia unsur dengan menggunakan model inside outside circle di kelas XII MIA.1 SMA Negeri 1 Bubon Tahun Pelajaran 2019/2020. sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimankah upaya dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi kimia unsur dengan menggunakan model inside outside circle di kelas XII MIA.1 SMA Negeri 1 Bubon Tahun Pelajaran 2019/2020?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan, bahwa peningkatan  nilai rata- rata  yaitu 47,8 pada kondisi awal menjadi 72,1 pada siklus I dan menjadi 83,2 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 24,2% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 11,1% dari siklus I. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan  sebesar 35,3. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 30% dari kondisi awal, siklus II meningkat 30% dari siklus I. Ketuntasan keseluruhan menjadi 70%.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, kimia unsur dan model pembelajaran inside outside circle.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdul rahman. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana

Anita Lie.2008. Cooperative Learning. Jakarta. Grasindo.

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta

: Rineka Cipta

-------, 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Huda. 2011. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang

Istarani. 2012. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa.

Johari, J.M.C. & Rachmawati, M. 2008. Kimia SMA dan MA untuk Kelas

XII Jilid 3. Jakarta: Esis

Kean E dan Middlecamp. 1985. Panduan Belajar Kimia. Jakarta : Gramedia.

Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif. Jakarta:Pustaka Prestasi Publisher.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta.

Sumadi. 2001. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Syaiful Djamarah. 2000. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Redaksi. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.