UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI SMK NEGERI 4 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Discovery Learning (DL) pada pembelajaran termokimia. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Negeri 4 Meulaboh dengan total sampel sebanyak 42 siswa. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan. Pokok bahasan yang dibahas adalah Termokimia. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 83,38 dengan nilai terendah sebesar 71 dan nilai tertinggi sebesar 89. Jumlah siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 22 orang (52,38%). Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 89,91 dengan nilai terendah sebesar 72 dan nilai tertinggi sebesar 95. Jumlah siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 37 orang (88,10%). Terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 35,72%.
Kata Kunci: Discovery Learning, hasil belajar, Termokimia..
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Fitroh, K.M., (2012), Pengaruh Model Pembelajaran Teknik Probing
Prompting Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Siswa Kelas VIII MTsN Langkapan Blitar, Skripsi, IAIN Tulungagung, Jawa Timur.
Huda, M., (2014), Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Pelajar,
Yogyakarta.
Istiana, G.A., Nugroho, A.,Sukardjo, J.S, (2015), Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2:65-73
Murdiandari,W., Fadiawati, N., Tania, L., (2015), Pembelajaran Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Termokimia, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 2:581-592
Riyanto, Y., (2009), Paradigma Baru Pembelajaran, Penerbit Kencana, Jakarta.
Sani, R.A., (2013), Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cita pustaka Media
Perintis
Situmorang, M., (2010), Penelitian Tindakan Kelas Untuk Mata Pelajaran Kimia, UNIMED Press, Medan.
Syah, (2013), Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), Kemendikbud, Jakarta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.