PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MATERI PRINSIP-PRINSIP PENELITIAN SEJARAH DI KELAS X MIA.1 SMA NEGERI 2 SEUNAGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ari Safrida Ari Safrida Ari Safrida

Sari


ABSTRAK

Masalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarnya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Peneltian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai dengan Maret 2020 di SMA Negeri 2 Seunagan yang bertujuan untuk mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA.1 pada materi Prinsip-prinsip Penelitian Sejarah pelajaran Sejarah dengan menggunakan model GI pada SMA Negeri 2 Seunagan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA.1 Negeri 2 Seunagan yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan  teknik pengumpulan data  tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA.1 Negeri 2 Seunagan pada materi Prinsip-prinsip Penelitian Sejarah dengan menggunakan model GI. Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 19 (63,33%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa atau (93,33%)  yang tuntas secara klasikal.

 

Kata Kunci: Kooperatif, GI, hasil belajar

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Lie, A. 2003. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryanto A, Haryanta A. 2006. Sejarah Kelas X MIA.1 : Jakarta. Erlangga

Widodo. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.