UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF MELALUI METODE KARYAWISATA PADA MURID KELAS IV SD NEGERI MON PASONG KECAMATAN WOYLA BARAT Muhammad Karim
Sari
Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Metode Karyawisata dalam pelajaran megerjakan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pretasi belajar Bahasa Indonesia siswa dalam materi Menulis Surat Pribadidi SD Negeri Mon Pasong. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (a) rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada materi Menulis Surat Pribadi (b) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia masih kurang, (c) motivasi siswa tertadap pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah, (d) pemilihan model pembelajaran belum tepat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mon Pasong yang berjumlah 12 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Metode Karyawisata dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mon Pasong. Desain dalam penelitian ini dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi, dan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah evaluasi/tes 10 soal test formatif diberikan dua kali yaitu tes awal (siklus I) dan post tes siklus II, observasi meliputi aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian model pembelajaran biasa (siklus I) nilai rata-rata kelas 69,16 dengan ketuntasan 50% dan pada waktu post tes siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,66 dengan ketuntasan 83,33%. Berarti hasil yang diperoleh siswa pada post tes siklus II telah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaraan Metode Karyawisata siswa motivasi untuk belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pembelajaran Bahasa Indonesiadengan menggunakan Metode Karyawisata meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mon Pasong.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Karyawisata, Paragraf Deduktif.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, Alwi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kokom Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.
Mujiyanto, Paulus. 2003. Pembelajaran Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar. Semarang: Balai Penataran Guru.
Mulyadi. 2012. Pedagogi Khusus Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar/MI. Surakarta: Badan Penerbit FKIP-UMS.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2002. Teknik Jitu Menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Depdiknas. 2006. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Dirjendikdasmen.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Online.Tersedia di: http:// bahasa. kemdiknas.go. id/kbbi/ index.php. Diakses 22 September2017.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.