UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA MATERI PERKALIAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI ALUE LHOK TAHUN PELAJARAN 2019 /2020
Sari
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Materi Perkalian dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Alue Lhok Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Tematik Pada Materi Perkalian Siswa Kelas IV SD Negeri Alue Lhok Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Alue Lhok Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 15 siswa dengan jumlah siswa laki- laki 7 dan siswa perempuan 8 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 33.33% pada pra penelitian meningkat menjadi 60.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 93.33% pada siklus II. Peningkatan siswa yang mampu dalam proses pembelajaran yaitu dari 61.34% pada siklus I dan meningkat menjadi 89.24% pada siklus II. Penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Materi Perkalian Siswa Kelas IV SD Negeri Alue Lhok Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model, Think Pair Share, Tematik, Perkalian.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abu, A. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-Ruz Media.
Djahiri. 2004. Esensi pendidikan nilai moral dan PKn di era globalisasi. LPPP-IPS IKIP-Bandung.
Elis Ratnawulan, 2015, Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka.
Hartiny Sams, Rosma. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.
Sriyanti, Lilik. 2011. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak.
Sukmadinata, syaodih. 2007, Landasan Psikologis Proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tampubolon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Tirtarahardja, Umar, S.L. La Sulo, 2008. Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, Edisi Revisi, Cet. II.
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Cemerlang: Jakarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.