UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Samsul Bahari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Meureubo Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 2 Meureubo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 21 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 5 orang dan perempuan 16 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 36.40% pada pra penelitian meningkat menjadi 65.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 81.71% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. PenerapanModel Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Meureubo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Hasil belajar, Model, Problem Based Instruction (PBI), Fisika, Gerak Lurus.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2006. Imlementasi Kurikulum. 2004. Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja.

Djemari Mardapi. 2003. Desain dan Penilaian Pembelajaran Mahasiswa. Makalah disajikan dalam Lokakarya Sistem Jaminan Mutu Proses Pembelajaran, tanggal 19 Juni 2003 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Depdiknas. 2006. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Cemerlang: Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.