UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PELAJARAN PKN MATERI KERJASAMA NEGERA-NEGARA ASEAN PADA SD NEGERI 3 MEURAH MULIA KABUPATEN ACEH UTARA

Sarjani Sarjani

Sari


Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode Jigsaw?. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI pelajaran PKn materi Kerjasama Negara-Negara ASEAN. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI semester ganjil. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil penelitian, dapat dilihat dan telah terjadi peningkatan hasil belajar materi Kerjasama Negara-Negara Asia pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Meurah Mulia pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 melalui penggunaan model jigsaw. Peningkatan nilai rata-rata yaitu 6,0 pada kondisi awal menjadi 7,4 pada siklus I dan menjadi 8,0 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 21,81% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 17,91% dari siklus I. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 57,14% dari kondisi awal, siklus I meningkat 72,72% dari siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan sebesar 53,63%.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran PKn, Kooperatif Jigsaw.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita Lie, 2005, Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Kemmis, S. dan Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Deakin: Deakin University.

Mulyana, Slamet.2007. Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pengembangan Profesi Guru. Bandung: LPMP.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda karya.

Suhardjono et.al. 2005. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Dikgu dan Tentis.

Wibawa, Basuki. 2003. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen Dirtendik: 2003


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.