PROFESIONALITAS APARATUR DALAM MELAYANI PASIEN PADA UPTD PUSKESMAS COT IE JUE KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN
Sari
Dalam penelitian ini yang dijadikan rumusan masalah permasalahan yaitu mengapa aparatur UPTD Puskesmas Cot Ie Jue kurang profesional dalam melayani pasien. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif yaitu mendeskripsikan dan menganilisis masalah yang muncul dimasa sekarang guna memperoleh gambaran menyeluruh tentang penelitian yang penulis lakukan. Hasil penelitian, yang dilakukan profesionalitas aparatur UPTD Puskesmas Cot Ie Jue yang memperhatinkan. Dalam permasalahan ini menggunakan teori profesionalitas menurut Siagian yang menjelaskan tentang kendala dalam pelaksanaan tugas sehingga terlaksana dengan mutu tinggi, waktu yang tepat, cermat dan dengan prosedur yang mudah dipahami dan diikuti oleh pelanggan. Konsep profesionalisme dalam diri aparatur dilihat dari segi Kreatifitas, Inovasi, Responsif. Namun pelaksanaan menjadi masalah, dimana ketidak patuhan terhadap peraturan dan prosedur yang ada yaitu masyarakat juga mengeluhkan tentang kehadiran pegawai puskesmas yang tidak tepat waktu. Disisi kualifikasi pendidikan aparatur UPTD Puskesmas Cot Ie Jue yang tidak memadai, dimana banyak pegawai yang masih memiliki kualifikasi pendidikan rendah yaitu setingkat SMA.
Kata kunci; Profesionalitas, Aparatur, Puskesmas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A.S Moenir. 1998. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara. Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta; Jakarta
Hatmoko. 2006. Sistem Pelayanan Kesehatan Dasar Puskesmas. Universitas Mulawarman
Samarinda
Moleong Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.