IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN DI KELAS XII.MIA.3 SMA NEGERI 1 SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN T.P 2017/2018

Elyana Elyana

Sari


Masalah menadasar dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi khususnya pada materi Metabolisme. Oleh karena itu penulis berkeinginan untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran dilakukan melalui Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus pembelajaran. Fokus perbaikan pembelajaran ditekankan pada peningkatan hasil belajar siswa pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Samalanga pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada siswa kelas XII IPA1 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Multi Model pembelajaran padamateri Metabolisme di kelas XII IPA 1 SMAN 1 Samalanga Setelah dilakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw hasil dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari data yang dikumpulkan, Pada tes siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak (35,71%), (10 siswa) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 65,71% (18 siswa). Kemudian mengalami peningkatan pada tes siklus II, yaitu siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak (71,43%) (20 siswa) dansi swa yang belum tuntas hanya 28, 58% (8 siswa). Dengan peningakatan nilai rata-rata kelas yaitu siklus I 69% dansiklus II 82%. Adapun hasil nontes pengamatan proses belajar mengajar menunjukkan perubahan siswa lebihaktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai peningkatan pada siklus I  yaitu 21,05 % terhadap Pra siklus dan peningkatan pada siklus II yaitu 18,84 % terhadap siklus I. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw ternyata mampu meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan.

Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dewi, Rosmala. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mardianto, 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: Cipta Pusaka Media Printis.

Nasution, S, 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Rasyid, Harun, dkk. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Indeks.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno, 2009. Pembelajaran Kooperatif dan Inovatif. Surabaya: Media Buana Pustaka.

Uno, Hamzah B, dkk. 2009. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta. Bumi Aksara.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2008. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.