UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PELAJARAN PKN MATERI KERJASAMA NEGARA-NEGARA ASEAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SD NEGERI 7 KUTAMAKMUR KABUPATEN ACEH UTARA

Abdullah Ali Basyah

Sari


 

Adapun tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatkan hasil belajarsiswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan dapat mendorong aktivitas siswa untuk belajar tentang Kerjasama Negera-Negara ASEAN lebih bersemangat. Pendekatan yang digunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 7 Kutamakmur tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan teknik tes awal, tes akhir, observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dengan langkah-langkah mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PKN khususnya materi Kerjasama Negera-Negara ASEAN bagi siswa kelas VI Semester ganjil SD Negeri 7 Kutamakmur Tahun Pelajaran2017/2018. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 65,21% (15 anak), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 34,78% (13 anak), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 86,95% (23 anak) dan sebanyak 13,04% (5 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas siklus I 7,5 dan rata- rata kelas siklus II 8,5. Adapun hasil non tes pengamatan proses belajar menunjukkan perubahan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Secara keseluruhan rata-rata kelas mencapai kenaikan sebesar 56,29%, dan ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan mencapai peningkatan sebesar 21,5%.jika dibandingkan dengan kondisi awal .Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Kerjasama Negera-Negara ASEAN pada siswa kelas VI SD Negeri 7 Kutamakmur, Kabupaten Aceh Utara

Kata Kunci: Hasil Belajar, PBL, Pelajaran PKN.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evamaterii Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Budijastuti, Widowati. 2001. Strategi Pembelajaran Dalam Pelatihan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran PKN SMP & MTs Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo. 2006. Materi Pengembangan Profesi Guru Tahun 2006. Sidoarjo: Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Ibrahim, Muslimin; Fida Rachmadiarti; Mohamad Nur; Ismono. 2000. Pembelajatan Kooperatif. PSMS, Program Pasca Sarjana. Surabaya: UNESA-University Press.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wardhani I.G.A.K, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.