PENGARUH PEMBERIAN ENZIM PENUMBUHAN DALAM PAKAN AYAM KOMERSIAL TERHADAP PENINGKATAN INDEKS PENUMBUHAN BADAN AYAM PEDAGING PADA MASA STARTER

T. Rizal Syah, Yusmadi Yusmadi

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini tentang pengaruh pemberian enzim dalam pakan ayam terhadap peningkatan panjang dan lingkar dada (indeks pertumbuhan broiler) telah dilaksanakan di kandang percobaan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, selama dua puluh satu hari. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan. Perlakuan I (R0) yaitu pakan tanpa pemberian enzim; Perlakuan ll (R1)  yaitu pakan  yang  ditambah 0,025% enzim;  Perlakuan Ill  (R2)  yaitu pakan  yang  ditambah 0,050  enzim pertumbuhan; Perlakuan IV (R3) yaitu pakan yang ditambah 0,075% enzim pertumbuhan. Masing-masing perlakuan diulang lima kali. Untuk melihat pengaruh perlakuan, data yang diperoleh dianalisa dengan analisis sidik ragam. Apabila terdapat pengaruh perlakuan, untuk melihat perbedaan antar perlakuan dilanjutkan dengan uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian enzim dalam pakan ayam komersial, hanya mempengaruhi perubahan indeks pertumbuhan badan pada minggu pertama, sedangkan pada minggu kedua dan ketiga tidak menunjukkan perubahan.

 

Kata kunci : Ayam, enzim, starter


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anonimus 1994. Gambaran Penernakan Ayam

Ras. Bisnis Peternakan Ayam danTelur.

Djanah, D.J. 1972. Beternak Ayam dan Itik.

Yayasan Pembangunan. Jakarta.

Guyton, A.C. 1983. Fisiologi Kedokteran. 5th Ed

Penerbit EGC. Jakarta.

Jull, A. M 1951. Poultry Husbandry. 3rd Ed. Mc

Graw-Hill Book Company Inc, New York

Rodwel, V.W. 1983. Sifat-Sifat Kinetika Enzim. In: Dharma, dan A.S. Kurniawan (cd). Biokimia (Harper's Review of Biochemistry). 19th. CV.EGC. Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.

Stell. R.G.D. and Torrie, J.H. 1983. Prinsip dan Prasedur Statistika Suatu Pendekatan Biometrik. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Tangendjaya, B. 1995. Poultry Indonesia. No. 189.

Ed. November, Bogor

Wahyu, S. 1985. Kebutuhan Zat-zat Makanan Untuk Unggas. Cetakan Ke III. Fakultas Petemakan. IPB. Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.