SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN CALON GURU KONTRAK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Wahyudi Wahyu, Iqbal Iqbal

Abstract


ABSTRAK

 

Penyeleksian guru kontrak merupakan program kerja yang ada di sekolah Sukma Bangsa Bireuen. Guru Kontrak merupakan meraka yang di angkat oleh yayasan/badan penyelenggara sekolah swasta sebagai tenaga pengajar tetap di sekolah yayasan/badan penyelenggara yang bersangkutan. Program ini mempunyai misi untuk memberi harapan kepada calon guru yang mempunyai potensi dalam pendidik dan mengajar yang profesional untuk dapat menjadi pedoman yang baik terhadap siswa. Sistem pendukung keputusan ini dapat membantu tim penyeleksi Guru kontrak dalam pengambilan keputusan penentuan penerimaan guru kontrak, agar menghasilkan keputusan yang lebih efisien dan akurat serta memudahkan dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan masalah penentuan penerimaan guru kontrak, sehingga didapatkan calon  guru kontrak yang benar-benar layak untuk menjadi seorang guru. Dari masing-masing calon guru kontrak akan dinilai berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang terpilih dalam penentuan penerimaan calon guru kontrak. Dalam pembangunan sistem ini, peneliti menggunakan bahasa pemograman java netbeans dan database yang digunakan mysql. Perhitungannya menggunakan metode weighted product dari penelitian yang dilakukan berdasarkan tiga calon guru yang telah ditentukan maka hasil akhir yang benar-benar layak menjadi guru kontrak yaitu Zurraini dengan nilai vektor Vi 0,340.

 

Kata Kunci : Java Netbeans, Penyeleksian Karyawan, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product

References


Bayu Setyawan (2011), “Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Guru Dengan Metode TOPSIS.

Donny Harwanto (2010), “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Usulan Prioritas Penerimaan Sertifikasi Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Jamaluddin, Noor (1978) Pengertian guru, Jakarta.

Kenneth E.Kendall, Julie E.Kendall (2010) Analisa Dan Perancangan Sistem Edisi Kelima, Penerbit PT Indeks, Jakarta

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

M.Rizki Fahrurrozi, Tjatur Kandaga Gautama (2013), “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai dengan Algoritma Simple Additive Weighting dan Fuzzy Logic.

Pullias dan Young , 1988. Peran dan Fungsi Guru,

Sianipar R.H (2013) JAVA. Algoritma, Struktur Data, dan Pemograman GUI, Penerbit Informatika Bandung, Bandung

Rizali.A, Dharma.S, Sidi.I.D (2009) Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional, Penerbit PT Grasindo, Jakarta


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »