RANCANGAN SISTEM PELATIHAN UNTUK PENINGKATAN KINERJA SDM DI PT. XYZ DELI SERDANG

Anggianika Mardhatillah Harmein Nasution dan Nazaruddin

Sari


ABSTRAK

Human resources performance can be increased through the activities of counseling; that is, a process which teaches knowledge, skills, and attitude in order that employees are increasingly skillful and able to take responsibility properly, according to the work standard. The increase of human resources performance is very important for PT XYZ which produces mineral water and soft drink in containers to be marketed in the North part of Sumatera. PT XYZ had some problems with human resources performance which tended to decrease so that this study was conducted in order to know the variables which influenced the human resources performance. The result of the correlation analysis showed that, simultaneously and partially, the variable of knowledge (r = 0.428), skills (r = 0.760), and attitude (r = 0.451) had significant correlation with human resources performance. The result of the descriptive analysis was used as the input in determining the need for training. Based on the result of the correlation and descriptive analyses, it was found that the design of training system could be used to increase the variables of knowledge, skills, and attitude. The training designs of maintenance, individual and team achieve goals, analytical and creative thinking for problem solving, coaching, leadership, and continuous improvement were expected to be able to cope with the factors which influenced the decrease in the human resources performance.

Kata Kunci: Human Resource Performance, Competence dan Training System Design.


Pendahuluan

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset penting untuk menunjang keberhasilan suatu organisasi. SDM adalah pelaksana seluruh kebijakan organisasi sehingga perlu dibekali dengan pengetahuan yang memadai. Pentingnya sumber daya manusia ini perlu disadari oleh semua tingkatan manajemen di perusahaan. Bagaimanapun majunya teknologi saat ini, namun faktor manusia tetap memegang peranan penting bagi keberhasilan suatu organisasi.

Banyak usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja SDM, diantaranya melalui kegiatan pelatihan. Kegiatan pelatihan merupakan proses memberikan atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta menanamkan sikap kepada karyawan dimana proses tersebut akan sangat membantu karyawan dalam mengkoreksi kekurangan kerjanya di masa silam sehingga karyawan tersebut dapat meningkatkan kinerjanya dalam bekerja.

Kegiatan pelatihan merupakan sebuah proses mengajarkan pengetahuan dan keahlian tertentu serta sikap agar karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawab dengan baik, sesuai dengan standar kerja. Kegiatan pelatihan juga dimaksudkan untuk mengurangi kesenjangan antara sumber daya yang dimiliki perusahaan dengan sumber daya manusia yang diharapkan perusahaan agar perusahaan dapat mencapai tujuan, visi dan misi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Alfalinsi, R., (2009), Hubungan Efektifitas Pelatihan Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kompetensi dengan Kinerja Karyawan, Tesis Program Magister Manajemen Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat.

Azwar, S., (2005), Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta.

Bungin, B., (2006), Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu Sosial Lainnya, Kencana Prenada Media Grroup, Jakarta.

Dessler, G., (1997), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1, Indeks Prentice Hall, Jakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Keterampilan tanggal 2 September 2012 pukul 23:30.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pengetahuan tanggal 12 May 2012 pukul 01:45.

Kaswan., (2011), Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM, Alfabeta, Bandung.

Khan, R. A. G., Impact of Training and Development on Organizational Performance, Global Journal of Management and Business Research Vol. 2, ISSN 0975-5853 Issue (2011).

Mangkunegara, A. P., (2011), Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Refika Aditama, Bandung.

Mangkunegara, A. P., (2009), Evaluasi Kinerja SDM, Refika Aditama, Bandung.

Manopo, C., (2011), Competency Based Talent and Performance Management System, Salemba Empat, Jakarta.

Muhidin, S. A., dan Abdurrahman, M., (2007), Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian, Pustaka Setia, Jakarta.

Nasution, H., (2005), Proses Pengelolaan Sumber Daya Manusia, USU Press, Medan.

Rivai, H. V., dan Sagala, E. J., (2011), Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik Edisi 2, Rajawali Pers, Jakarta.

Schuler, R. S., dan Jackson, S. E., (1997), Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad Ke 21, Erlangga, Jakarta.

Sinulingga, S., (2012), Metode Penelitian Edisi 2, USU Press, Medan.

Umar, H., (2010), Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah, Rajawali Pers, Jakarta.

Umar, H., (1996), Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Rajawali Pers, Jakarta.

Usmara, A., (2006), Praktik Manajemen SDM: Unggul Melalui Orientasi dan Pelatihan Karyawan, Santusta, Yogyakarta.

Wibisono, D., (2006), Manajemen Kinerja: Konsep, Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Erlangga, Jakarta.

Widayana, L., (2005), Knowledge Management Meningkatkan Daya Saing Bisnis, Bayumedia, Malang.


Refbacks

  • »
  • »