PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE JARIMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA

Riyadhul Fajri

Sari


ABSTRAKSI

 

Pengajaran matematika sudah mendapat prioritas di Sekolah Dasar, karena matematika merupakan dasar bagi pengembangan pemahaman matematika secara keseluruhan pada sekolah yang lebih tinggi. Teknologi   komputer yang digunakan dalam  pengajaran  dan  pembelajaran  dapat  membantu  meningkatkan  pemahaman anak dan prestasi akademik, serta dapat mengubah sikap anak lebih kritis , kreatif dan  inovatif.  Metode  pengajaran  matematika  di  SDLB-B  Purwokerto  khususnya untuk kompetensi dasar melakukan penjumlahan dan pengurangan tidak mandiri karena selalu didampingi pengajar atau pendamping serta proses belajar berhitung anak tuna rungu lambat.  Untuk belajar berhitung tambah kurang dengan cepat dan menyenangkan maka metode Jarimatika merupakan salah satu metode untuk belajar berhitung dengan jari, dimana anak tunarungu sering berkomunikasi dengan jari. Untuk itu, dalam penelitian ini akan dicoba metode pembelajaran dengan game simulasi berbasis metode Jarimatika.

 

Kata kunci: Game Simulasi dan Metode Jarimatika.

 


Pendahuluan

 

Deskripsi Sistem

 

Sistem yang akan dikembangkan adalah sebuah game simulasi, dengan objek penelitian pelajaran matematika khususnya materi tentang tambah kurang dengan metode Jarimatika pada anak SDLB‐B Bireuen. Sistem yang dibuat diharapkan mampu memberikan solusi bagi para pengajar/pendamping dalam mengajarkan materi tambah kurang terhadap pembelajaran matematika yang selama ini diajarkan dengan menggunakan alat bantu hitung. Sistem ini hanya berupa media pembelajaran yang sifatnya komplementer terhadap materi utama yang diajarkan di sekolah tetapi dengan sistem yang dikembangkan ini diharapkan anak lebih mandiri untuk belajar serta tidak akan selalu tergantung dengan alat bantu yang akan digantikan dengan jari menggunakan metode Jarimatika.

Sistem ini merupakan sebuah game simulasi berbasis metode Jarimatika untuk belajar tambah kurang yang berisikan content pelajaran matematika. Dengan format game simulasi diharapkan anak dapat melihat ketrampilan gerakan jari dengan metode Jarimatika untuk belajar tambah kurang dan diharapkan siswa belajar sambil bermain yang di dalam permainannya mereka mempelajari materi pelajaran yang ditampilkan dengan contoh‐contoh yang menarik sehingga diharapkan siswa merasa senang ketika menggunakan sistem ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Suatini L. (2002). Pemahaman Aritmatika dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMU, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2002 No. 01.

Standarisi Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB‐B), Badan Standar Nasional Pendidikan, (2006).

Kirriemuir, John etall, (2004). Literature Review in Games And Learning, Universityof Bristol, ISBN: 0‐9544695‐6‐9. Diakses 1 Februari 2008.

Baker, Eva L ang Delacruz, Girlie C.(2008).What Do We Know AboutAssessment in Games?, University Of California, Los Angeles.

Sabelli, Nora H & Di Giano Information.(2004). Technology Research And Education, Teaching and Learning, Report On Two Nsf‐Funded Workshop. Http://ctl.sri.com/publlication/download/ITRLISReport.pdf. Diakses 2 Februari 2008.

Romi.(2008). Software Enginering: http://romisatriawahono.net/ diakses 5 Maret 2008.

Bowo Nurhadiyono. (2004). Rekayasa Sistem Pembelajaran Aritmatika SD Berbasis Komputer. Tesis Magister Komputer. Universitas Dian Nuswantoro.

Sudono A.(2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta : PT Grasindo.

Simanjuntak,L. Dkk.(2000). Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta : Rineke Cipta.

Sukirno, DR. (2003). Pendidikan Berbasis Komputer. Makalah Ilmiah disampaikan pada acara Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia.

Sujana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.


Refbacks

  • »
  • »