ANALISA SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KAS MESJID BERBASIS KOMPUTERISASI

Zulkifli .

Sari


ABSTRAK

 

Mesjid adalah merupakan rumah ibadah bagi umat islam, dan Mesjid juga merupakan entitas publik dimana nilai-nilai spiritual Islam dikembangkan, dan pada kenyataannya Mesjid yang mrupakan entitas public diperlukan suatu pengelolaan yang Transparan,akuntabilitas dan dalam pengelolaannya juga sangat melibatkan publik. Maka untuk itulah Mesjid  membutuhkan peran sebuah pembukuan dan akuntansi untuk membuat laporan keuangan, hal itu  supaya masyarakat dan jamaah tahu tentang proses Keuangan yang terjadi pada pengelolaan tersebut. Selama ini  pengurus membuat Laporan keuangan adalah dalam upaya untuk mempertanggung jawabkan serta untuk  menjawab kecurigaan yang sering muncul dari para jamaah. Karena sumber dana Mesjid  biasanya berasal dari masyarakat, dan masyarakat tentu sangat kritis terhadap penggunaan dana-dana yang bersumber dari sumbangan masyarakat maupun sumbangan dari instansi pemerintah dalam rangka pembangunan masjid, maupun kegiatan-kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh masjid secara rutin. Penggunaan akuntansi dalam rangka menyampaikan laporan keuangan masjid, karena latarbelakang kebutuhan masyarakat akan akuntabilitas dan keterbukaan. Sebuah Mesjid sangat diperlukan suatu system untuk mengelola keuangan pada sebuah mesjid. Apalagi kebanyakan  masjid di Indonesia  dikelola secara tradisionil. Laporan Keuangan dan aliran kasa yang selama ini dijalankan oleh  pengurus masjid masih dalam bentuk yang sangat sederhana yaitu berbentuk laporan kas,

 

Kata kunci : Mesjid Dan Sistem Informasi Pengelolaan KAS Berbasis Komputer

 


Pendahuluan

 

Dengan perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah membawa pengaruh yang sangat baik bagi perkembangan Ilmu pengetahuan,Dengan perkembangan tersebut teknologi yang merupakan salah satu alat yang dapat membantu manusia untuk mencapai tujuannya. Dengan teknologi informasi ini manusia dapat menangkap informasi terbaru secara cepat dan akurat.  Semua orang membutuhkan informasi, khususnya bagi orang yang terlibat dalam suatu organisasi. Hal ini mengakibatkan semua orang yang terlibat dalam organisasi itu harus tahu perkembangan atau informasi mengenai divisi lain atau organisasinya sendiri. Informasi ini penting guna tetap menjaga eksistensi anggota dan organisasi tersebut.

Kegiatan pengelolaan data KAS keuangan mesjid masih dikelola secara tradisionil dengan sistem pencatatan secara manual.sehingga membutuhkan waktu yang lama, penyimpanan file tersimpan di banyak buku  sehingga para pengurus dalam pencarian data-data susah dan lama, terjadinya kehilangan data dikarenakan penyimpanan data bukan dalam satu folder, tentu memperlambat sebuah informasi sebagai pertanggung jawaban.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Dhewiberta H, “Pemograman Tingkat Lanjut dengan Visual Basic 6.0 dan Crystal Report”, Andi Yogyakarta, Andi. 2005.

Dr. Eng. Agus Naba, “Belajar Cepat dan Mudah Fuzzy Logic Menggunakan Matlab”, Andi Yogyakarta, Andi. 2009.

Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, Ir. M. Ali Ramahani, MT, “Sistem Pendukung Keputusan”, Bandung, PT Remaja Rosdakarya. 2002.

Eliani, Utomo Pujianto, Didin Rosyadi, “Jurnal Dicision Support System Untuk Pembelian Mobil Menggunakan Fuzzy Database Model Tahani”. 2009.

Hanif Al Fatta, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi”,Andi Yokyakarta, Andi. 2007.

http://www.hendra-jatnika.web.id , “Perancangan Sistem Informasi Komputer”.

Maria Irmina Prasetiyowati, Bayu Aji Seta, “Jurnal Implementasi Fuzzy Database Untuk Rekomendasi Jalur Peminatan Mahasiswa”. 2007.

Prof. Dr. Jogiyanto HM, MBA, Akt, “Analisa dan Desain”, Andi Yogyakarta, Andi. 2005.

Tata Sutabri, S.Kom, MM, “Analisa Sistem Informasi”, Andi Yogyakarta, 2004.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »