PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RINSO (Studi Kasus: Konsumen pada Penang Market Kabupaten Bireuen)

Chairul Bariah

Sari


Harga merupakan nilai yang dinyatakan dalam satu mata uang atau alat tukar terhadap suatu produk tertentu, dalam kenyataannya besar kecilnya nilai atau harga itu tidak hanya ditentukan oleh faktor fisik saja yang diperhitungkan tetapi faktor fsikologis berpengaruh pula terhadap harga, sedangkan keputusan pembelian merupakan suatu proses pengambilan keputusan akan pembelian yang mencakup penentuan apa yang akan dibeli atau tidak melakukan pembelian dan keputusan itu diperoleh dari kegiatankegiatan sebelumnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Rinso. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan SPSS, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang merupakan konsumen yang melakukan pembelian produk Rinso di Penang Market Kabupaten Bireuen. Data dikumpulkan dengan mengisi kuesioner, data tersebut diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil regresi secara parsial (T), maka diketahui variabel harga (X) memiliki nilai thitung sebesar 4.730, sedangkan ttabel adalah 1.984, hal ini berarti thitung > ttabel, maka hasil penelitian menolak H0 dan menerima HA. Berdasarkan hasil regresi secara simultan (F), maka dapat dijelaskan bahwa nilai Fhitung adalah sebesar 22.372 berada pada tingkat signifikan 0.000. Sedangkan Ftabel pada tingkat signifikan α=5% adalah 2.31. Maka dapat ditulis Fhitung 22.372 > Ftabel 2.31. Hasil penelitian menerima HA dan menolak H0, yang bermakna bahwa secara simultan variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Harga, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basu swastha Dharmmesta, M.BA & T. Hani

Handoko, M.BA. (2012). Manajemen

Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen.

Penerbit: BPTF Edisi pertama.

Danang Sunyoto, (2012). Dasar-dasar Manajemen

Pemasaran, Konsep Strategi,

dan Kasus, diterbit: CAPS

Ghozali, Iman. (2005). Aplikasi Multivariate

Dengan Program Spss. Semarang :

Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gilbert A.Churchill,JR.(2005). Dasar-dasar

Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ika Putri Iswayanti, (2010). “Pengaruh

kualitas Produk, Kualitas Pelayanan,

Harga dan Tempat Terhadap

Keputusan Pembelian (Study Pada

Rumah Makan Soto Angkring Mas Beed

Semarangg).

Kotler & Amstrong, 2001. Prinsip-prinsip

Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mohammad Maftuh Baedowiza, (2012).

Pengaruh kualitas produk, kesesuaian

harga dan intensitas promosi terhadap

keputusan pembelian konsumen pada

merek rokok djarum super, Universitas

Diponegoro Semarang.

Nugroho. J. Setiadi SE,MM, (2003). Perilaku

Konsumen (Konsuemen dan Implikasi

untuk strategi dan Penelitian

Pemasaran. Kencana.

Prof. Dr. Sugiono (2012). Metode Penelitian

Bisnis. Bandung : Alfabeta

Paulus Lilik Kristanto, (2011), Psikologi

Pemasaran, Yogyakarta : CAPS.

Penerbit Andi (2012) “Solusi Praktis &

Mudah Menguasai SPSS 20 untuk

Pengolahan Data”. Semarang : Wahana

Komputer.

Sugiono, (2008). Metode Penelitian Administrasi

dilengkapi dengan Metode R&D,

Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto,(2007). Manajemen Penelitian.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono, (2008). Metode Kualitatif dan

Kuantitatif. Alfabeta.

Yeni Purwani, (2009).” Pengaruh Produk,

Harga dan factor Emosional Konsumen

terhadap Keputusan Pembelian sabun

Lux Cair (studi kasus mahasiswa

manajemen Fakultas Ekonomi USU).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.