ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI MINYAK KELAPA DENGAN MENERAPKAN METODE FULL COSTING (Studi Kasus pada CV. Hidup Baru Dua - Kutablang, Kabupaten Bireuen)

Hakim Muttaqim

Sari


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menentukan perhitungan harga pokok produksi pada CV.Hidup Baru Dua di Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen, melalui metode Full Costing. Sehingga dapat menentukan harga jual pada periode kedepannya. Jenis data yang digunakan untuk menghitung perhitungan harga pokok pada CV. Hidup Baru Dua adalah data kuantitatif yang berupa data biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya Overhead pabrik yang di ukur pada operasional pabrik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjelaskan cara menentukan harga pokok produksi dan harga jual minyak kelapa Pada CV. Hidup Baru Dua dengan mengunakan metode Full Costing.Hasil penelitian terlihat bahwatotal biaya produksi dan harga pokok produksi minyak kelapa perkilogram yang dikeluarkan pabrik, dari semester I tahun 2009 hingga semester II tahun 2013 selalu mengalami peningkatan, disebabkan dengan adanya peningkatan harga bahan baku, biaya tenaga kerja serta biaya overhead pabrik yang dikeluarkan oleh perusahaan. Peningkatan harga pokok produksi minyak kelapa perkilogram tertinggi yang dikeluarkan terjadi pada semester II tahun 2010 yakni terjadi peningkatan sebesar 8.74%. Sedangkan peningkatan harga pokok produksi minyak kelapa perkilogram terendah terjadi pada semester I tahun 2012 dengan peningkatan sebesar 1.52%.

Kata kunci: Perhitungan Harga Pokok Produksi, Metode Full Costing


Referensi


Daftar Pustaka

Gilarso. Asri. Gunawan. (2008).Industrialisasi dan Perdagangan. Jakarta. Raja Grafin-do Persada.

Hansen, Don R and Maryane M Mowen. (2005). Managerial Accounting. Akuntasi Managerial Jakarta: Salemba Empat.

Kadariah. (2009). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Jakarta. Erlangga.

Pradana. David. Setiadi. (2014). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Penentuan Harga Jual Pada CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal. Manado. Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi.

Soeharno. Nabhan. (2007). Teori Produksi. Jakarta. Erlangga

Sukiman. Denmas. (2011). Pengaruh Perhi-tungan Harga Pokok Produksi Terhadap Penetapan Harga Jual Produk. Skripsi. Tangerang. Universitas Pamulang

Sunarto. (2009). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Supriyono. R. A. (2011). Akuntansi Biaya. Yogyakarta. BPFE.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.