ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN OBJEK WISATA TAMAN LAUT KEPULAUAN BANYAK DI KABUPATEN ACEH SINGKIL

Sri Wahyuni, Idaryani

Sari


Kepulauan Banyak merupakan kawasan wisata alam di Provinsi Aceh, hal ini terlihat dari daya tarik wisata khas kawasan ini. salah satunya masih adanya satwa langka, penyu hijau yang setiap malam banyak naik ke darat untuk bertelur. Atraksi ekowisata tersebut dapat disaksikan di sekitar pantai Amandangan (Pulau Bangkaru). dan juga didukung oleh panorama alamnya yang indah (goa batu, tebing karang, pantai pasir putih, lingkungan masih alami dan suasana yang teduh dan nyaman) serta habitat flora dan fauna yang sangat beragam. Tantangan pemasaran yang dihadapi objek wisata di kepulauan Banyak adalah kurangnya akomodasi dan transportasi yang mendukung pariwisata di daerah tersebut. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Kepulauan banyak sangat terbatas, terutama yang menyangkut transportasi, akomodasi, listrik, telekomunikasi, air bersih, restaurant dan sistem pengamanan. Kata Kunci : Pariwisata, peluang, tantangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annonymous, 1990. Laporan Survey Penilaian Potensi Sumber Daya Alam Laut Dalam Rangka Penetapan Kawasan Konservasi Laut di Kepulauan Banyak, Direjen Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam Departemen Kehutanan (tidak dipublikasikan), Bogor.

, 1992. Draf Pola Pengembangan Objek Wisata Alam, Direjen PPA, Bogor. Fandeli, Chafid, 2006. Potensi Obyek Wisata Alam Indonesia, Pradnya Paramita, Jakarta. Hamalik, 2003. Metode Identifikasi, Prediksi dan Evaluasi Dampak Biotik Kegiatan Pariwisata, Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Gadjah Mada, Yokyakarta. Sugandy, 2003. Pengelolaan Lingkungan Wilayah Pesisir dan Lautan, Lokakarya Pemantapan Lingkungan Wilayah Pesisir dan Lautan, Kapal Kerinci.

Suripto, Bambang Agus , 2004. Keanekaragaman Hayati Dalam Ekosistem Hutan Sebagai Sumber Daya Alam Untuk Kepariwisataan, ITB, Bandung. Suwantoro, Gamal, 2007. Dasar-dasar Pariwisata, Andi, Yokyakarta. Yoeti, OA, 2002. Pemasaran Pariwisata. Angkasa Offset, Bandung

, 2002. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa Offset, Bandung

, 2002. Komersialisasi Seni Budaya Dalam Pariwisata. Angkasa Offset, Bandung Wahap, Salah, 2006. Manajemen Kepariwisataan, alih bahasa Gromang Frans, Pradnya Paramita, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.