STABILITAS MONETER DAN KINERJA EKONOMI INDONESIA

Hakim Muttaqim, M Rasyidin, M Saleh

Sari


Penelitian ini.bertujuan untuk menganalisis pengaruh stabilitas moneter terhadap kinerja ekonomi di Indonesia. Stabilitas moneter diukur dengan instrument kebijakan moneter yaitu inflasi, tingkat suku bunga dan nilai tukar rupiah (kurs). Metode analisis data ini menggunakan model Error Correction Model. Penelitian ini menggunakan data time series di Indonesia dalam kurun waktu 1990-2019. Hasil penelitian menyatakan bahwa inflasi berpengaruh negatf terhadap kinerja ekonomi. Sementara tingkat suku bunga dan nilai tukar rupiah berpengaruh positif terhadap kinerja ekonomi di Indonesia.

 Kata Kunci : Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah dan Gross Domestik Produk

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiningsih, M dan Asyik, N. F.. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Operasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 3(6): 2-14

Amri Amir. (2007). Pengaruh inflasi dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran di Indonesia”. Jurnal Inflasi dan Pengangguran. 1(1)

Asnawi, dan Fitria, Hafizatul. (2018). Pengaruh Jumlah Uang Beredar,Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. 7(1).

Boediono (2014): Ekonomi Makro, Penerbit BPFE, Yogyakarta

Ichwani, Tia., Kaniati, Rika dan Husna, Himatul., (2018). Effect domino kebijakan moneter the frs as Terhadap perekonomian indonesia. Jurnal Riset Bisnis. 2(1): 50-55

Purba, Bonaraja. (2013). Analisis Pertumbuhan PDB, Suku Bunga SBI, IHK, Cadangan Devisa, dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Pertumbuhan Jumlah Uang Beredar di Indonesia”. Jurnal Saintech. 5(1).

Sitinjak, Elyzabeth Lucky Maretha dan Widuri Kurniasari. (2003). IndikatorIndikator Pasar saham dan pasar Uang yang Saling Berkaitan Ditinjau dari Pasar Saham yang sedang Bullish dan Bearlish. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. 3(3)

Sukirno, Sadono. (2000). Makro Ekonomi Modern. Penerbit PT. Raja Grafindo Perkasa, Jakarta

Warjiyo, Perry. (2004). Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesia. Jakarta : PPSK Bank Indonesia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.