PENGARUH ECONOMIC FREEDOM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Haryani Haryani, Zakia Muna

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kebebasan dari korupsi, kebebasan investasi, kebebasan moneter, kebebasan perdagangan, kebebasan pengeluaran pemerintah dan kebebasan hak kepemilikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka data yang digunakan dari data 8 tahun (2011-2018) yang diinterpolasi menjadi 32 data penelitian. Data tersebut diperoleh dari BPS Indonesia dan Heritage Foundations. Teknik analisis dan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kebebasan dari korupsi, kebebasan investasi, kebebasan moneter, kebebasan perdagangan, kebebasan pengeluaran pemerintah dan kebebasan hak kepemilikan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Secara parsial variabel kebebasan dari korupsi, kebebasan investasi dan kebebasan moneter berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sedangkan variabel kebebasan perdagangan, kebebasan pengeluaran pemerintah dan kebebasan hak kepemilikan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

.

Keywords: Kebebasan Korupsi, Kebebasan Investasi, Kebebasan Moneter, Kebebasan Perdagangan, Kebebasan Pengeluaran Pemerintah, Kebebasan Hak Kepemilikan dan Pertumbuhan Ekonomi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, Lincolin. 2014. Ekonomi Pembangunan, UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Boediono. 2014. Seri SinopsisPengantarIlmuEkonomi No. 5 EkonomiMakro. BPFE: Yogyakarta.

BPS Indonesia. 2018. BukuProdukDomestik Regional Bruto. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2013. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS 19. EdisiKetujuh. BadanPenerbitUniversitasDiponegoro. Semarang.

Heritage Foundation. 2018.Index of Economic Freedom in Indonesia: Methodology.Diaksesdarihttp://www.heritage.org/index/book/methodologypada 20 April 2019.

Santoso, Singgih. 2011. StatistikParametrik. CetakanKetiga, PT GramediaPustaka. Utama, Jakarta.

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta:Bandung.

Sukirno,Sadono.2014. Ekonomi Pembangunan: Proses, masalah, dan dasar Kebijakan (edisi ke kedua). Kencana Prenadamedia Group: Jakarta.

Suparyati,Agustina. 2014.DampakEconomic Freedom Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Media Ekonomi. Vol. 22.No. 3.

Todaro, M.P. 2015.Pembangunan Ekonomi. BumiAksara: Jakarta.

Wulandari.2014.DampakEconomic Freedom TerhadapPertumbuhanEkonomi.JESP.Vol. 6.No. 2.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.