Peranan Wanita Dalam Menunjang Ekonomi Keluarga Miskin (Studi di Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen)

Haryani Haryani

Sari


ABSTRACT

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan wanita dalam menunjang ekonomi keluarga diukur dari sisi pendapatan di Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu bersifat deskriptif tanpa menggunakan analisis statistik, data hasil penelitian berupa kata-kata dan dipaparkan sesuai dengan kejadian yang terjadi di lapangan dan analisis  secara induktif (Supriatna, 2009:126). Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari sampel sebanyak 58 wanita keluarga miskin yang diambil secara porposive sampling di lokasi penelitian yaitu di Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa wanita berperan dalam menunjang ekonomi keluarga miskin diukur dari sisi pendapatan dimana 50% responden memperoleh pendapatan Rp. 1.600.000 – Rp. 2.000.000 perbulan dan 12,07% memperoleh pendapatan > Rp 2.000.000,- per bulan. Sementara sebanyak 91,38% responden menjawab bahwa wanita sangat berperan dalam meningkatkan perekonomian keluarga miskin di Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen. 

 

Kata Kunci: Wanita, Ekonomi Keluarga, Miskin


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (2012). Pendataan Keluarga Miskin. Jakarta.

BPS. (2013). Data Statistik Penduduk Indonesia, Jakarta.

Efendi, Tadjuddin Noer. (2009). Sumber Daya Manusia, Peluang Kerja dan Kemiskinan. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

orddanta, Johnson, (2009). Colak dan pola kehidupan ekonomi pedesaan. Studi tentang kewiraswastaan pada masyarakat, Jakarta. CV. Eka Putra.

Karmini, Ni Luh dan I Gusti Ayu Made Dian Anugrahita Dewi. (2013). Dampak Perbedaan Pendapatan Pekerja Perempuan Sektor Informal di Desa Marga. Denpasar: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Nugroho, Iwan dan Rokhmin Dahuri. (2011). Pembangunan Wilayah- Perspektif Ekonomi, Sosial dan Lingkungan. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Ridlo, Mohammad Agung. (2011). Kemiskinan di Perkotaan. Semarang: Penerbit Unissula Press.

Sahdan, Gregorius. (2009). Menanggulangi Kemiskinan Desa. Jurnal Ekonomi Rakyat. Ekonomi Rakyat dan Kemiskinan, Maret 2009.

Sudjana, (2012). Pengantar Metode Statistik, Jakarta. Gramedia Grafika.

Supriatna, (2009). Penelitian Untuk Guru dan Dosen, Bandung; Abhi Aksara Abadi Indonesia.

Sukirno, Sadono. (2011). Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah dan Dasar Kebijaksanaan. Jakarta: LPFEUI

Sumardi, M. dan Hans, (2010). Sumber pendapatan, kebutuhan pokok dan perilaku menyimpang. Rajawali, Jakarta.

Wolfman, (2011). Pola Kegiatan Wanita di Sektor Informal (Khususnya Pedagang Sayur di Pasar). Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.