PENGARUH FISCAL STRESS TERHADAP BELANJA MODAL KABUPATEN BIREUEN

Sonny Muhammad Ikhsan Mangkuwinata, SE, M.Si

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah  fiscal stress berpengaruh terhadap belanja modal di Kabupaten Bireuen  periode 2009-2014. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah belanja modal Kabupaten Bireuen, dan objek dalam penelitian ini adalah Dana Alokasi Umum (DAU) dan fiscal stress.

Hasil uji t menunjukkan bahwa fiscal stress  tidak berpengaruh terhadap belanja modal di Kabupaten Bireuen dengan nilai thitung < ttabel (1,645 < 3,182). hal ini mengindikasikan bahwa belanja modal di Kabupaten Bireuen tidak hanya bergantung kepada dana tranfer pemerintah pusat (DAU). Pemerintah Kabupaten Bireuen telah dapat memaksimalkan potensi pendapatan asli daerahnya.

Kata kunci : Fiscal Stress, Belanja Modal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. 2011. Analisis Fiskal Stress Pada Kabupaten Kota Di Sumatera Utara, Executive Summary.

Erlina dan Rasdianto. 2013. Akuntansi Keuangan Daerah Berbasis Aktual. Penerbit Brama Ardian, Medan.

Firstanto, Rian. 2015. Analisis Pengaruh Pertumbuhan PAD, PDRB, dan Belanja Modal Terhadap Fiscal Stress pada Kabupaten Dan Kota di Provinsi Jawa Tengah, Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Harianto, David dan Priyo Hari Adi. 2007. Hubungan Antara Dana Alokasi Umum, Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah Dan Pendapatan Per Kapita. Simposium Nasional Akuntansi X, Unhas Makasar.

Lampiran III PMK No. 101/PMK.02/2011 tentang Klasifikasi Anggaran

Muda, Iskandar. 2012. Variabel yang Mempengaruhi Fiscal Stress Pada Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Volume 4 No. 1.

Muryawan. 2014. Pengaruh Desentralisasi Fiskal, Fiscal Stress, dan Kinerja Keuangan Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Bali. Jurnal Volume 3 Nomor 10

Priyatno, Duwi. 2009. SPSS Untuk Analisis, Korelasi, Regresi Dan Multivariate. Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Sudjana. 2007. Pengantar Ilmu Statistik. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara

Wandira, Arbie Gugus. 2013. Pengaruh PAD, DAU, dan DBH terhadap Pengalokasian Belanja Langsung. Jurnal Volume 2 Nomor 1, 44-51.

Yovita, Farah Marta. 2011. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi , PAD dan DAU Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Empiris Pada Pemerintah Provinsi Se Indonesia Periode 2008-2010). Diponegoro Jurnal Of Accounting, Semarang UNDIP.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.