DOSIS DAN INTERVAL WAKTU PENGGUNAAN PESTISIDA NABATI TERHADAP PENGENDALIAN HAMA ULAT PADA BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L)

Saifuddin .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini telah dilakukan di Gampong Kubu Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, sejak bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan interval waktu penggunaan pestisida nabati terhadap pengendalian hama ulat pada bibit kakao. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 12 kombinasi perlakuan dan 3 ulangan yang diteliti yaitu faktor konsentrasi pestisida nabati dan faktor interval waktu, dan faktor dari pestisida nabati terdiri dari: tanpa pestisida, 10 ml/l air, 15 ml/l air dan 20 ml/l air, sedangkan interval waktu yang digunakan yaitu: 10 hari sekali. 15 hari sekali dan 20 hari sekali. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah daun yang diserang dan jumlah daun normal. Data hasil terhadap parameter yang diamati dianalisis di lapangan dan dianalisa data diolah memakai prosedur statistik pola rancangan acak kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pestisida dan interval waktu berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman pada umur 2, 4, 6 dan 8 MST, jumlah daun umur 2, 4, 6 dan 8 MST, jumlah daun yang diserang pada umur 2, 4, 6 dan 8 MST, jumlah daun normal pada umur 2, 4, 6 dan 8 MST. Serta terdapat interaksi terhadap tinggi bibit kakao, jumlah daun, jumlah daun yang diserang, dan jumlah daun normal pada umur 2, 4, 6, 8 MST.

 



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aminah, 2001. Pengaruh penggunaan Pestisida Nabati dan Interval Penyemprotan Terhadap Hama Pada Tumbuhan. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Ansyary, 2003. Hama Penyakit Kakao. Edisi Revisi II. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ditjembun, 2008. Tanaman kakao. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Handoko, 2004. Potensi Pestisida Nabati Untuk Pengendalian Hama Ulat Pada Tanaman Kakao. Jakarta: Penebar Swadaya.

Karmawati, 2010. Budi Daya Tanaman Kakao. Jakarta: Balai Pustaka.

Kuswanto, 2012. Analisa Kandungan Fenol Dalam Pestisida Nabati Secara in Vitro. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyana, 2002. Ekstraksi Senyawa Aktif Alkaloid, Kuinon, dan Saponin dari pestisida nabati Terhadap Hama Pada Tanaman. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Purba, S. 2007. Uji Efektivitas Pestisida Nabati Terhadap Hama Pada Tanaman. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sudarmo, S. 2005. Pestisida Nabati. Jakarta: Penerbit Kanisius.

Sulistyowati, 2003. Hama Penyakit Kakao. Edisi Revisi IV. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sutoyo, 2007. Uji Pestisida Nabati Terhadap Kematian Hama Pada Tumbuhan. Bandung: Universitas Padjajaran.

Venita, 2009. Pemberian Beberapa Konsentrasi dan Interval Penyomprotan Pestisina Nabati Terhadap Hama Pada Tanaman. Jakarta: Penebar swadaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.