ERUBAHAN KUALITAS TANAH AKIBAT PENGGUNAAN BAHAN ORGANIK

Zulkifli .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Blang Mane, Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen yang merupakan daerah perbukitan, pelaksanaan penelitian berlangsung pada bulan Januari 2015 dengan bulan September 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bahan organik terhadap perubahan tingkat kualitas tanah. Rancangan percobaan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non factorial dengan empat perlakuan yaitu: Sumber Bahan Organik K0 = Kontrol, K1 = Bonggol kelapa sawit, K2 = Mucuna bracteata dan K3 = Jerami Alang-alang. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah N Total, P Total dan K Total. Data hasil terhadap parameter yang diamati dianalisis di lapangan dan dianalisa data diolah memakai prosedur statistik pola rancangan acak kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan organik jenis jerami alang-alang dapat meningkatkan kadar unsur hara P (ppm) tanah. Sedangkan kandungan hara N dan K tidak berpengaruh nyata.

 

Kata Kunci : Kualitas Tanah dan Bahan Organik

 

PENDAHULUAN

Tanah merupakan medium alami tempat tanaman hidup, berkembang biak dan mati, karena itu tanah mampu menyediakan sumber bahan organik selama bertahun-tahun yang dapat didaur ulang untuk nutrisi tanaman. Tanah juga menyediakan dukungan fisik yang diperlukan untuk berpegang bagi sistem perakaran juga berfungsi sebagai reservoir udara, air, dan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan tanaman. Sifat tanah yang penting dalam mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah kesesuaiannya sebagai media pertumbuhan akar tanaman: air, udara, penyerapan panas dan pasokan unsur hara. Keadaan tersebut bersama-sama menentukan tingkat kesuburan tanah(Arsyad, 2003).


Teks Lengkap:

XML

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, 2003. Pengawetan Tanah dan Air. Jurusan Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Forh, 2000. Peranan Bahan Organik terhadap Kesuburan Tanah dan Upaya Pengelolaannya. Sebelas Maret University Press. Surakarta

Jokowarino, 2009. Peranan Bahan Organik Terhadap Perubahan Sifat Biologi Tanah. Institut Pertanian Bogor.

Kurnia, U., D. Erfandi, dan I. Juarsah. 2000. Pengolahan tanah dan pengolahan bahan organik pada Typic Haplohumults terdegradasi di Jasinga, Jawa Barat. hlm. 285− 302. Prosiding Seminar Nasional Reorientasi Pendayagunaan Sumberdaya Tanah, lklim, dan Pupuk. Cipayung, 31 Oktober−2 November 2000. Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat, Bogor.

Suntoro W.A, 2003. Peranan bahan Organik Terhadap Kesuburan Tanah dan Upaya Pengelolaanya. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Soerjani M, 2000. Alang-alang (Imperata cylindrica L.Beauv) Pattern of Growth as Related to Its Problem of Control, Biotrop Bulletin Vol.1. http://www.ut.ac.id/html/jmst/s-nurmawati/penggunaan.html (Diakses Tanggal 07 Desember 2011, 10:58 WIT).

Soepardi, G. 2003. Kesuburan Tanah Modal Pertanian Yang Perlu Dipertahankan. Departemen Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian IPB Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.