RESPON BEBERAPA MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT SALAK PONDOH (Salacca zalacca Gaertner Voss)

Riki Fiandi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon beberapa media tanam terhadap pertumbuhan bibit salak pondoh.Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Jarommah Baroh Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen pada bulan April sampai dengan Juli2020, dengan ketinggian tempat 8-10 mdpl. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial yang terdiri dari 7 taraf perlakuan media tanam M0 = Tanah Top Soil, M1 = Tanah + Pupuk Kandang Sapi, M2 = Tanah + Pupuk Kandang Ayam, M3 = Tanah + Pupuk Kandang Kambing, M4 = Tanah + Jerami, M5 = Tanah + Arang sekam dan M6 = Tanah + Serbuk gergaji. Pengamatan yang diamati dalam penelitian ini meliputi umur berkecambah, jumlah pelepah daun.panjang duan, diameter pangkal batang, panjang akar, jumlah akar dan persentase bibit yang tumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan media tanam berpengaruh signifikan terhadap umur berkecambah bibit tanaman salak, akan tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengamatan jumlah pelepah daun, panjang daun, diameter pangkal batang, jumlah akar, panjang akar dan persentase bibit tanaman salak yang tumbuh. Perlakuan media tanam terbaik dijumpai pada perlakuan media tanam tanah kombinasi pupuk kandang kambing (M3)

 

Kata Kunci : Media tanam, bibit salak


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anarsis, W. 2016. Agribisnis Komoditas Salak. Bumi Aksara, Jakarta

Buckman, H.O. dan N.C. Brady. 2012. Ilmu Tanah. Bhratara Karya Aksara. Jakarta. 788 hal.

Gustini, D., S. Fatonah, Sujarwati. 2012. Pengaruh Rootone F dan pupuk Bayfolan terhadap pembentukan akar dan pertumbuhan anakan salak Pondoh (Salacca edulis Reinw). Biospecies. 5(1): 8-13.

Hardjowigeno, S. 2010. Ilmu Tanah. CV Akademika Pressindo, Jakarta.

Kurniawan, R. 2012. Pengaruh berbagai Media Tanam terhadap Pertumbuhan Bibit Andalas (Morus Macroum Miq). (Sripsi) Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang.46 hal.

Kusmarwiyah, R. dan S. Erni. 2011. Pengaruh Media Tumbuh dan Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Seledri (Apium graveolens L.) Crop Agro Vol. 4 No.2 – Juli 2011.

Marthin. A. K. dan F. W. Wijayanti. 2011. Pengaruh Bokelas dan Pupuk Kandang Terhadap Hasil Kacang Tanah (Arachis hypogea. L). Agrinimal. 1(1): 28-32

Parnata, A S. 2010. Meningkatkan Hasil Panen Dengan Pupuk Organik. Agro Media Pustaka Press. Jakarta.

Prihatman, K. 2010. Salak Pondoh. http//: waritek.ristek.go.id/pertanian/salak pondoh.pdf. 18 September 2018.

Purnomo, H. 2010. Budidaya Tanaman Salak Pondoh. Aneka Ilmu, Semerang.

Santoso, H.B. 2013. Salak Pondoh.Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Wuryaningsih, J. Prasetya. 2016. Penampilan Empat Kultivar Mawar Potong pada Media Tanam Organik dalam Kultur Agregat Hidroponik. J. Hort. (Ed. Khusus)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.