APLIKASI BIOURINE SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEMBANG KOL (Brassica oleracea var. botrytis)

Aiyub Aiyub, Mariana Mariana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi biourine sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kembang kol. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pante Lhong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada bulan Agustus sampai bulan November 2018, dengan ketinggian tempat 20 mdpl. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial. Faktor yang diteliti adalah konsentrasi Biourine sapi yang terdiri atas 3 taraf yaitu U1 (0 ml/liter air atau tanpa biourine, U2 (100 ml/L air) dan U3 ( 200 ml/L air). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian biourine sapi berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, lebar daun, diameter kembang kol dan berat kering kembang kol pada umur  7, 14 dan 21 HST, tapi tidak berpengaruh nyata pada lebar daun pada umur 21 HST dan bobot basah kembang kol. Konsentrasi biourine sapi terbaik adalah U3 (200 ml/l air).

 

Kata Kunci : Biourine Sapi, Biochar, Kembang Kol.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi. 2008. Pemanfaatan urine sapi yang difermentasi sebagai nutrisi tanaman. http://affandi21-xanga44038359/ pemanfaatan urine sapi yangdifermentasi-sebagai-nutrisi-tanaman/.com/6.Diakses 25 Februari 2013.

Aisyah, S., N. Sunarlim dan B. Solfan. 2011. Pengaruh urine sapi terfermentasi dengan dosis dan interval pemberian yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman sawi ( Brassica juncea L.). Jurnal Agroteknologi, 11: 1-5.

Franklin, T. J. & G. A. Snow., 2011, Biochemistry and Molecular Biology of Antimicrobial Drug Action, 6th Edition, England, Spinger Science and Business Media, Inc.

Lingga Hakim, N. 2011. Pengelolaan Kesuburan Tanah Masam dengan Teknologi Pengapuran Terpadu. Andalas University Press. Padang. 204 hal.

Leskona, Soeprapto, dan E. Susilowati. 2013. Pengelolaan Kesuburan Tanah dan Peningkatan Efisiensi Pemupukan. Yogyakarta : Ilmu Tanah UGM.

Novizan, 2012. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Edisi Revisi. AgroMedia Pustaka

Prihmantoro. 2011. Pengaruh Varietas Dan Konsentrasi Pupuk Majemuk Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kubis Kembang (Brassica Oleracea L.) Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Rukmana, R. 2004. Budidaya Kubis Kembang dan Brokoli.Kanisius.Yogyakarta

Subandi, 2016. Teknologi Produksi Dan Strategi Pengembngan Kedelai Pada Lahan Kering Masam. Iptek Tanaman Pangan. Vol 2, No.1.

Supriadji, 2012. Teknologi Produksi Dan Strategi Pengembngan Kedelai Pada Lahan Kering Masam. Iptek Tanaman Pangan. Vol 2, No.1.

Syafrudin. 2012. Arti penting bahan organik bagi kesuburan tanah. Jurnal Penelitian Pupuk Organik.

Yunita, R.. 2011. Penerapan Pertanian Organik Permasyarakatan Dan Pengembangannya. Penerbit Kanisius. Yogyakarta. 218 hal.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.