PENGARUH MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO (Theobroma cacao L.)

Mursalin Mursalin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam terhadap pertumbuhan bibit kakao (Theobroma cacao L). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mee Teungoh Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen dengan Topografi datar dan ketinggian tempat 9-15 mdpl. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2018 sampai dengan Januari 2019. Penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial. Faktor yang diteliti adalah Faktor media tanam (M) yang terdiri dari M0 (tanah), M1 (tanah + pupuk kandang 1:1), M2 (tanah + pupuk kandang 2:1).Pengamatan yang diamati adalah tinggi tanaman,diameter batang,lebar daun,jumlah daun,panjang akar,jumlah akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tanam berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang, lebar daun dan jumlah daun pada umur 30, 60 dan 90 HST, panjang akar dan jumlah akar pada umur 60 dan 90 HST. Media tanam yang terbaik adalah dengan kombinasi penggunaan media tanam tanah dan pupuk kandang sapi (2:1).

 

Kata Kunci : Media Tanam, Bibit Kakao

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdisa, G & Getinet, T. 2011. The effect of guided discovery on students' Physics achievement. Journal of Educational Psychology

Allorerung, D., M. Syakir, Z. Poeloengan, Syafaruddin, dan W. Ruraini. 2010. Budidaya Tanaman Kakao. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor.

Anwar, M.K. 2014. Pengaruh Sistem Olah Tanah dan Herbisida Terhadap Erosi dan Aliran Permukaan di Laboratorium Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

BPS Bireuen, 2015. Komposisi Dan Produktivitas Perkebunan Rakyat Tanaman Kakao Di Kabupaten Bireuen.

Suharto dan Soegito, 2009. Pengaruh Pengapuran Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Kakao (Theobroma cacao).

Sutedjo, M. M. 2009. Pupuk dan Cara Pemupukan. Ed ke-4. P.T. Rineka Cipta.Jakarta. 176 hal.

Soepardi, 2011. Pupuk dan Cara Pemupukan. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.