PENGARUH APLIKASI BIOURINE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L) ASAL BIJI

Cut Asmaul Husna

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh aplikasi biourine dan mulsa sekam padi terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah (Allium ascalonicum L) asal biji.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Juli Keudee Dua, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen berlangsung dari bulan April sampai dengan Juli tahun 2018.Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor yang diteliti. Faktor pertama biourine (B) terdapat empat taraf yaitu kontrol (B0), 150 ml/l air (B1), 250 ml/l air (B2), dan 350 ml/l air (B3). parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi, diameter umbi, bobot basah umbi, bobot kering umbi, berat berangkasan basah, berat berangkasan kering.Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan pada semua parameter yang diamati kecuali pada parameter tinggi tanaman umur 20 HST.Perlakuan yang tepat yaitu B3 dengan konsentrasi biourine 350 ml/l air yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi bawang merah.

 

Kata Kunci : Pengaruh,Biourine,Mulsa Sekam Padi,Bawang Merah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Firmansyah, I Dan N. Sumarni. 2013. Pengaruh Dosis Pupuk N Dan Varietas Terhadap pH Tanah, N-Total Tanah, Serapan N, Dan Hasil Umbi Bawang Merah ( Allium ascalonicum L )Pada Tanah Entisol-Brebes Jawa Tengah (Effect Of Fertilizer Dosages And Varieties on Soil pH, Soil Total-N, N Uptake, And Yield Of Shallots ( Allium ascalonicum L) Varieties On Entisols-Brebes Central Java. J. Hort. 23(4):358-364.

Hardjadi, S.S. 2013. Zat Pengatur Tumbuh. Penebar Swadaya. Jakarta.

Lakitan, B. 2014.Fisiologi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman.PT RajaGrafindo Persada. Jakarta

Lingga, P. dan Marsono. 2011. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya.Jakarta.

Nazaruddin dan Rosmawati.2013. Pengaruh Pupuk Organik Cair (POC) Hasil Fermentasi Daun Gamal, Batang Pisang Dan Sabut Kelapa Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao.Fakultas Pertanian,Universitas Hasanuddin

Nyakpa, M., A.M. Pulung, A.G. Amrah, A. Munawar, G.B. Hong, dan N. Hakim. 2011. Kesuburan Tanah. Universitas Lampung Press. Bandar Lampung

Salisbury, F.B., dan C.W. Soemarmo. 2013. Fisiologi Tumbuhan. Usaha Nasional. Surabaya.

Setiawan, A.I. 2012. Memanfaatkan Kotoran Ternak. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suriana, N. 2011. Bawang Bawa Untung. Budidaya Bawang Merah dan Bawang Merah. Cahaya Atma Pustaka. Yogjakarta

Susantidiana. 2011. Peran Media Tanam dan Dosis Pupuk Urea, SP36, KCl Terhadap Pertumbuhan Tanaman Bawang Daun (Allium fistulosum L.) dalam Polybag. J. Agronobis 3(5): 17-21.

Sutedjo, MM dan Kartasapoetra S. 2014.Tumbuhan dan Organ-organ Pertumbuhannya.Pemupukan dan Cara Pemupukan. Bina Aksara. Jakarta.

Trisusiyo Wati, Y. Euis Elih Nurlaelih dan Mudji Santosa. 2014. Pengaruh Aplikasi Urine pada Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium ascalonicum L.).Jurnal Produksi Tanaman Volume 2, Nomor 8, Desember 2014, hlm. 613 – 619.

Wahyu, D. E. 2013. Pengaruh Pemberian berbagai Komposisi Bahan Organik pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.). Jurnal Produksi Tanaman. 1(3): 21-29.

Wang, Qingsong, Qirong, and Shiwei. 2013. The Critical Role of Potassium in Plant Stress Response. International Journal Molecular.Science. 14: 7370-7390.

Watimena, G.A. 2012. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman. PAU Bioteknologi IPB Bogor


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.