PENGARUH PUPUK UREA DAN PHOSPAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hipogeae L.)

Darniati .

Sari


ABSTRAK

            Penelitian ini telah dilakukan di Gampong Bugak Blang Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Pelaksanaan penelitian dimulai BulanDesember 2016 sampai selesai.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk urea dan phosfat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua perlakuan. Faktor utama adalah pupuk urea yang terdiri dari 4 taraf yaitu :  kontrol, 45 Kg/Ha, 90 Kg/Ha dan 135 Kg/Ha. Faktor kedua adalah pupuk phosfat terdiri dari 4 taraf yaitu : kontrol, 50 Kg/Ha, 100 Kg/Ha dan 150 Kg/Ha. Setiap perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga terdapat 48 plot penelitian. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah cabang per tanaman, jumlah polong berisi dan berat 1000 biji kering. Penggunaan pupuk urea 135 Kg/Ha memberikan hasil terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah cabang dan berat 1000 biji kering kacang tanah. Penggunaan pupuk phosfat dosis 150 Kg/Ha dapat meningkatkan tinggi tanaman, jumlah cabang dan jumlah polong berisi kacang tanah lebih baik dibandingkan perlakuan lain. Interaksi antar perlakuan berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter yang diamati.

Kata Kunci : Pupuk Urea, Pupuk Phosfat, Kacang Tanah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Fauzia, H. (2012). Pengaruh Penggunaan Pupuk Kandang dan NPK Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Tanah. Buana Sains Vol. 6 No. 2. Fakultas Pertanian Universitas Tribhuana Tunggadewi, Malang.

Hasan, Y. (2008). Mencuci Lahan Tercemar dengan Kuman. Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta

Hery, S. (2011). Kiat Pintar Memproduksi Kompos dengan Pengurai Buatan Sendiri. Penerbit Lily Publisher, Yogyakarta.

Lingga, P dan Marsono. (2000). Budidaya Tanaman Sayuran dan Palawija. PT. Penebar Swadaya, Jakarta.

Marzuki, R. (2007). Bertanam Kacang Tanah. Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta.

Purnomo dan Hartono. (2005). Kacang-kacangan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rinsema, M.T. (2011). Pupuk dan Cara Pemupukan. Bratara Karya Aksara, Jakarta.

Rukmana, R. (2007). Budidaya Semangka Hibrida. Kanisius, Yogyakarta.

Rukmi. (2011). Pengaruh Pemupukan Kalium dan Phosfat Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai. Staf Pengajar Fakultas Pertanian, Universitas Muria Kudus.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.