ANALISA ALGORITMA RADIX SORT PADA DATA YANG BERNILAI NEGATIF

Imam Muslem R

Sari


ABSTRAK

Algoritma Radix Sort merupakan algoritma yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan sorting. Algoritma ini merupakan algoritma yang mangkus sebab membutuhkan proses yang lebih sedikit dibandingkan algoritma lain seperti Bubble Sort, Insertion dan Selection Sort. Akan tetapi, ada masalah yang timbul pada algoritma ini, yaitu apabila inputan datanya berupa nilai negatif. Teknik standar dalam algoritma ini dengan menggunakan 10 buah wadah tidak mampu melakukan pengurutan dengan benar. Oleh karena itu, penulis melakukan analisa dengan menambahkan wadah untuk nilai min. Pada analisa ini didapatkan hasil pengurutan yaitu untuk nilai positifnya dapat terurut dengan benar, tetapi tidak untuk nilai min. Pada penelitian ini didapatkan nilai min yang lebih besar terletak pada awal array untuk ascending order.

Kata kunci : Algoritma Radix Sort, analisa, nilai negatif, sorting

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Blissmer, Robert H. 1985. Computer Annual, an Intoduction to Information Systems. John Wiley & Sons.

Goodman, SE. 1977. Introduction to the Design and Analysis of Algorithms. New York: McGraw-Hill.

Horsmalahti, Panu. 2012. Comparison of Bucket Sort and Radix Sort. New York: Cornell University Library.

Lahera, Saumya and Shah, Niraf. 2013. Radix Sort with Reduced Time Complexity. International Jurnal of Students Research in Technology & Management. India: GIAP Journals.

Sjukani, Moh. 2008. Strukur Data (Algoritma dan Struktur Data 2) dengan C, C++ Stack Queue Linked List Tree Graph Search & Sort. Bogor: Mitra Wacana Media.


Refbacks

  • »
  • »