PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Khairul Asri, Fithri Angelia Angelia Permana

Sari


ABSTRAK

Judul penelitian ini adalah peningkatan ke mampuan komunikasi matematis siswa SMA materi statistika. Komunikasi matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika dan menjadi salah satu standar kompetensi lulusan sekolah. Kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi statistika dapat dilihat ketika siswa menyampaikan ide atau suatu gagasan dalam bentuk gambar, grafik atau diagram.  Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, 1) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional), 2) Apakah terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan pengelompokkan siswa  terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa. Teknik pengolahan data dianalisis dengan statistik kuantitatif. Hasil penelitian, diketahui peningkatan kemampuan komunikasi  matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional) berdasarkan keseluruhan siswa, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional) berdasarkan pengelompokkan siswa. Tidak terdapat interaksi antara penerapan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dikarenakan kelompok tidak memberikan hasil yang berbeda terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis.

Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Satistika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ansari, B.I. (2009). Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Fraenkel, J. R. dan Wallen, N. E. (1990). How to Design and Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Publishing Company.

Hamalik, Oemar. (2008). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusumah, Y. S. (2008). Konsep, Pengembangan, dan Implementasi Computer-Based Learning dalam Peningkatan kemampuan High-Order Mathematical Thinking. Pidato pengukuhan Guru Besar dalam Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan indonesia tanggal 23 Oktober 2008. Bandung: UPI PRESS.

Lasadi, Nikma. (2012).Pengaruh Model Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tilamuta.

Lie, Anita. 2008.Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Sumarmo, U. (2012). Pengukuran dan Evaluasi dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tidak diterbitkan

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berfikir matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Lemlit UPI : Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • »
  • »
  • »