ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MEDIA BIJI ABACUS PADA MATERI STATISTIK

Husnidar ., Siti Khaulah

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa  melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project(MMP) dengan media biji abacus, yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Peusangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan desain eksperimen kelompok Pretest-Postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah lima kelas, sedangkan sampel penelitian adalah diambil dua kelas secara simple random sampling, dimana kelas pertama yaitu kelas VIII1diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project(MMP) dan kelas kedua yaitu kelas VIII2 diterapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah; (1) Tes,(2) lembar observasi, dan (3) skala sikap. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat persamaan rata-rata kemampuan awal siswa antara kelaseksperimen dan kelaskontrol dengan  sebesar . Sedangkan berdasarkan nilai postest diperoleh harga sebesar , maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi statistikayang diajarkan dengan model MMP dengan mengunakan alat peraga biji abacus lebih baik  daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Media Biji Abacus.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Aprianti, Nurul. 2006. Memaksimalkan Pembelajaran Matematika pada Penjumlahan melalui Benda Konkrit di Kelas Rendah.Skripsi Strata 1 pendidikan Matematika. Semarang.

Lisa. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir kritis dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP N Lhokseumawe melalui Pendekatan Matematika Realistik. Tesis UNIMED.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Divisi Buku Perguruan Tinggi. Raja Grafindo Persada.

Noviyanti, Kartono dan Suhito. 2014. Penerapan Pembelajaran Missouri Mathematics Projectpada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Lisan Matematis Siswa Kelas VIII.JURNAL KREANO, vol 5, no 2.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: PT. TARSITO

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sumarmo, U. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik FMIPA UPI. [Online] tersedia http://repository.upi.edu/operator/upload/d_mtk_0707058. (9 April 2016)


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »