PENINGKATANKETERAMPILAN MENULISKARANGANNARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNINGSISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 MEULABOH TAHUN AJARAN 2016/2017

Zarlina .

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2016/2017maka dari itu peneliti mengambil judul” Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Experiential Learning Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2016/2017”.Subjek  penelitian tindakan sekolah ini  adalah Siswa Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Meulaboh. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan pada tahun Pelajaran 2006/2007. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Maret  2016 sampai dengan Mei 2016 pada semester genap. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua.Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis).Data observasi dilakukan dengan melihat Keterampilan Menulis Karangan Narasi siswa dalam proses pembelajaran.Data dianalisis dengan cara statistik persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dan hasil belajar siswa dari 35.65%pada pra penelitian meningkat menjadi 68.33%pada siklus I dan meningkat menjadi 80.76%pada siklus II. Keterampilan Menulis Karangan Narasi r siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik.Penerapan metode Model Experiential Learning dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2016/2017. .

Kata Kunci : Keterampilan, Menulis Karangan Narasi, Experiential Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Tarigan. 2008. Educational Psychology : Theory and Practise. Fourt Edition.

Abbas. S. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Aktif Di Sekolah Dasar. (Jakarta : Depdiknas

Zainnurahman. 2011. Aku Igin Jadi Pengarang, Surabaya : Usaha Nasional.

Soetomo. 2006. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka Massachut Setts : Allyn and Bacon.

Nurhadi. 2008. Bagaimana Menulis (Handbook of Wraiting) Malang:UniversitasNegeri.


Refbacks

  • »