PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI MENGELOLA KARTU PIUTANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 MEULABOH TAHUN AJARAN 2014/2015

Samsiah .

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar, prestasi belajar siswa kelas Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1. Penelitian kelas ini berjudul ”Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Materi Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2014/2015” yang dilakukan pada tahun ajaran 2014/2015 pada semester ganjil. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan awal bulan September 2014 sampai dengan akhir bulan November 2014. Sumber data berasal dari siswa kelas XI Akuntansi 1 pada semester ganjil tahun 2016 yang melakukan pembelajaran dengan model  problem based learning (PBL). Alat pengumpulan data berupa butir soal test. Pengamatan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menandai siswa aktif saat PBM yang sesuai dengan kolom yang tersedia. Validasi data dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai tes siswa ke dalam daftar nilai yang telah disiapkan sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 63.56, persentase ketuntasan aktivitas siswa sebesar 64.77 %, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 88.20% dan dengan nilai rata-rata 86.61, persentase ketuntasan prestasi belajar berada katagori cukup sedangkan pada siklus II ketuntasan prestasi belajar berada katagori Sangat Baik. Oleh karena itu, hendaknya model ini dapat dijadikan salah satu alternatif  dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, keaktifan dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Hasil belajar, prestasi, Mengelola Kartu Piutang, Akuntansi, Proble, Based Learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Sutratinah, Tirtonegoro. (2001). Anak Super normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Alnemus, Mema. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPS pada Siswa SD. Tesis Magister. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukmadi, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Ramaja Rosdakarya.

Tohirin. (2006). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »