MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI BUDAYA DEMOKRASI MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) SISWA KELAS X1 ADM 2 SMK NEGERI 1 MEULABOH TAHUN AJARAN 2016/2017

Rusdiana .

Sari


ABSTRAK

Penelitian kelas ini berjudul ā€¯Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Materi Budaya Demokrasi Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Siswa Kelas X1 ADM 2 SMK Negeri 1 Meulaboh. Alat pengumpulan data berupa butir soal test. Pengamatan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menandai siswa aktif saat PBM yang sesuai dengan kolom yang tersedia. Validasi data dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai tes siswa ke dalam daftar nilai yang telah disiapkan sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 64.7 %, persentase ketuntasan motivasi belajar siswa sebesar 62.93% dengan nilai rata-rata 76.29 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 82.89%, persentase ketuntasan mitivasi belajar siswa sebesar 82.89%, dengan nilai rata-rata 85.45 dan siswa yang tuntas dalam memahami materi ini sebanyak 16 siswa dari 24 siswa.

Kata Kunci : Hasil belajar, Motivasi, Budaya Demokrasi, TGT.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dalyono. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara.

Mulyasa, 2011: 5Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi

Winataputra, Udin S. dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hamalik, Oemar.2011. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo.


Refbacks

  • »
  • »