UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI KONSEP BANGUN RUANG SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 3 MEULABOH TAHUN AJARAN 2012/2013

Noni Marini

Sari


ABSTRAK

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Matematika dengan manfaaat untuk mendapatkan teori baru dan dapat dijadikan referensi. Kajian ini memakai metode PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas X Tata Boga SMK Negeri 3 Meulaboh berjumlah 22 orang data PTK ini dari siswa, hasil observasi dan dokumentasi. Untuk memperoleh data ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Data divalidasikan dan diferifikasi dengan mencantumkan dalam daftar nilai.Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatitif dengan mencari jumlah ketuntasan dan ketidak tuntasan siswa setiap tatap muka. Analisis dilakukan dengan cara mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata. Sebagai indikator keberhasilan dalam tindakan ini meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa sebanyak 34.73 % pada pra siklus. PTK ini dilakukan dengan prosedur pelaksanaan 2 siklus dengan pererencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kajian teori tentang pembeajaran Matematika dan variabel penindak melalui model Kooperatif Tipe Jigsaw. Hasil penelitian menununjukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari 67,63 %pada siklus I meningkat menjadi 93.38% pada Siklus 2. Dan juga pada siklus 2 juga terjadi peningkatan nilai rata-rata  yakni 69,08 pada Siklus 1 meningkat menjadi 87,92 pada siklus kedua.penelitian ini sangat berhasil untuk meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Konsep Bangun Ruang  Siswa Kelas X Tata Boga SMK Negeri 3 Meulaboh Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata Kunci : Aktivitas Pembelajaran,Model, Kooperatif, Tipe Jigsaw.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sukardi, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Abu, A. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • »
  • »