PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA

Rahmi Hayati

Sari


ABSTRAK

Guru memiliki posisi penting selama proses berlangsungnya pembelajaran, guru diharapkan bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan dapat mengembangkan karakter siswa. Pembinaan karakter siswa akan berhasil jika kemampuan guru memadai. Guru merupakan orang yang mengarahkan proses belajar secara bertahap dari awal hingga akhir pembelajaran. Guru memiliki posisi penting selama proses berlangsungnya pembelajaran, guru diharapkan bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan dapat mengembangkan karakter siswa. Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran mengharuskan guru memahami teori dan pendekatan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Guru juga diharapkan mampu memilih media pembelajaran yang tepat. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah pendekatan realistik. Pendekatan realistik merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang salah satu prinsipnya yaitu intertwin. Prinsip intertwin memungkinkan guru mengaitkan materi matematika dengan nilai-nilai karakter. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pendekatan Matematika Realistik untuk Mengembangkan Karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru sekolah Dasar Mitra P4MRI Universitas Syiah Kuala. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan angket.

Kata Kunci: pendekatan matematika realistik, karakter siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Bogdan, Robert C and Biklen, Sari Knop. (1993). Qualitative research for Education:An Intruction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Johar,R; Ikhsan, M.; Zubainur, C.M. 2013. Tingkat Kepedulian (Strages of Concern) Guru Memanfaatkan Video dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika denganPendekatan Realistik untuk Mengembangkan Karakter Siswa.

Johar, R. 2001. Konstruktivisme atau Realistik? Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional “Realistic Mathematics Education (RME)”; Jurusan Matematika FMIPA UNESA pada Tanggal 24 Februari 2001.

Kemendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2013, SD Matematika. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Margono. 2007. Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Mulyasa. 2006. Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.

Samani, M. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • »
  • »
  • »