KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DAN PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI GUGUS 5 KECAMATAN LANGKAHAN DAN MIN 51 BIREUEN

Faizah M Nur, Nayira Nayira, Nanda Noviyanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan dan persepsi kepala sekolah terhadap pemanfaatan media online dan persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di Gugus 5 Kecamatan Langkahan dan MIN 51 Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MIN 51 Bireuen dan di gugus 5 Kecamatan Langkahan pada Bulan Juli 2020.  Adapun subjek penelitian adalah Kepala Sekolah Gugus 5 Langkahan yang berjumlah 6 orang dan 3 orang guru kelas IV, V dan VI. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data penelitian dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa: 1) persepsi dan kebijakan kepala sekolah pada pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 tergolong dalam kategori baik, yaitu sebesar 84,31% yang menujukkan bahwa pada Gugus 5 Kecamatan Langkahan Kabupaten Aceh Utara sudah melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dan diterima oleh semua pihak bagi guru maupun keluarga siswa; 2) adapun pemanfaatan media online berjalan efektif 100% dengan lancar melalui penggunakan platform asyncronous (whatsapp dan youtube); 3) persepsi guru dalam penggunaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di kelas tinggi MIN 51 Bireuen yaitu penyediaan materi yang diberikan guru kepada siswa tidak langsung bisa siswa tanggapi, karena siswa belum terbiasa belajar menggunakan sistem daring; dan 4) adapun kendala yang ditemui dalam penggunaan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di kelas tinggi MIN 51 Bireuen yaitu sedikit banyaknya siswa tidak mempunyai smartphone atau telepon genggam.

Kata kunci:  kebijakan kepala sekolah, pembelajaran daring, pandemi covid-19,


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arindita, G. 2015. Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Deviden dan Size terhadap Nilai Perusahaan. Semarang: Jurnal Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Burhanudin. 2011. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CAPS.

Hidayat. 2013. Aplikasi Pembelajaran Materi Dasar Taman Kanak-kanak Berbasis Android. Semarang: Jurnal Transit Vol. 1 No. 3 Universitas Semarang.

Imran. 2008. Transformasi Statistik Senarai Kekerapan Kata dalam Kajian Berdasarkan Korpus: Manifesto Pilihan Raya 2008. Semarang: Jurnal Bahasa. Jilid 9 Bil. 2 Unnes.

Isthofiyani., dkk. 2014. Persepsi Guru Biologi Sekolah Menengat Atas (SMA) terhadap Kurikulum 2013. Semarang: Unnes Journal of Biology Education 3 (1) Universitas Negeri Semarang.

Mar’at. 2011. Sikap Manusia, Perubahan dan Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siagian, Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.