IMPLEMENTASI METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KONSEP TUMBUHAN DI KELAS V SDN 14 SAWANG ACEH UTARA

Hambali Hambali, Muthmainnah Muthmainnah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas V SDN 14 Sawang Aceh Utara pada konsep tumbuhan melalui implementasi metode scramble. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas satu siklus. Adapun penelitian ini mendeskripsikan minat belajar siswa setelah belajar melalui metode scramble. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 14 Sawang Aceh Utara semester I tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 14 Sawang Aceh Utara semester I tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Sehingga, data yang dikumpulkan dalam penelitian berupa angket respon siswa dan catatan hasil observasi. Angket digunakan untuk mengetahui bagaimana minta belajar siswa terhadap pembelajaran sains melalui penerapan metode pembelajaran scramble. Sedangkan, pengolahan data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran sains pada konsep tumbuhan menggunakan metode scramble mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN 14 Sawang Aceh Utara lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari perolehan nilai sebaran angket yaitu sebesar 95% siswa mengatakan setuju dengan implementasi metode scramble dapat meningkatkan minat belajar siswa pada konsep tumbuhan. Selain itu, siswa menjadi lebih semangat mengikuti pembelajaran, terlihat secara aktif baik fisik, mental maupun emosional. Siswa juga menjadi lebih aktif dan kreatif menyelasikan tugas-tugas yang diberikan guru, sehingga, kegiatan pembelajarannya memungkinkan siswa memikirkan atau merefleksikan kembali apa yang telah dipelajari dan dilakukannya.

Kata kunci:  metode scramble, minat belajar, konsep tumbuhan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baharuddin. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniasih, Imas; Sani, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Sugiharti, Pipit. 2011. Penggunaan Metode Scramble pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur-No. 16/Tahun ke-10/Juni 2011. (http://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+penggunaan+metode+scramble&hl=en&assdt=0,5)Jakarta Barat: BPK Penabur. (diakses pada tanggal 15 November 2020).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Mengajar di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaodih, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.