EFEKTIVITAS PERAN APARATUR GAMPONG DALAM PENYELENGGARAAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DI GAMPONG PAYA LIPAH

Sri Murniyanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas peran aparatur Gampong Paya Lipah dalam penyelenggaraan koperasi simpan pinjam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif. Penelitian dilaksanakan Bulan Mei s.d Agustus 2020 di Gampong Paya Lipah Kec. Peusangan Kab. Bireuen. Adapun sumber data penelitian berasal dari data primer dan data sekunder. Informan penelitian adalah yaitu Geuchik Gampong Paya Lipah, aparatur gampong, ketua koperasi dan masyarakat yang bergabung dalam kelompok koperasi simpan pinjam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data penelitian dilakukan melalui tiga langkah, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) verifikasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa masih kurang efektifnya peran  aparatur gampong dalam mengawasi dan kurang pertanggungjawaban baik dari pihak ketua koperasi atau aparatur gampong dalam penyelenggaraan koperasi simpan pinjam di Gampong Paya Lipah, sehingga koperasi simpan pinjam tidak berjalan dengan baik, tidak efektif dan tidak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama, baik dari segi peran aparatur gampong maupun cara pengaturan dan evaluasi yang dilakukan terhadap masa peminjamannya dalam jangka waktu 1 tahun. Maka, supaya koperasi simpan pinjam bisa berjalan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhannya dengan adanya modal usaha untuk masyarakat, mengaharuskan aparatur gampong untuk mengambil tindakan dalam mengawasi keberhasilan usaha gampong seperti koperasi simpan pinjam, sehingga tidak terjadi kecurangan dan hal yang tidak diinginkan.

Kata kunci:  efektifitas, peran aparatur gampong, penyelenggaraan, koperasi simpan pinjam


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif, Maulidin. 2017. Efektifitas Penggunaan Program Dana Desa di Gampong Meunasah Mee Kec. Kembang Tanjong Kab. Pidie. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Moekijat. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 39 Tahun 2010 tentang BUMG.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan.

Ratminto., Winarsih, S. Atik. 2012. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Azhar. 2008. Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

Taufik, Yulianto. 2015. Kinerja Kepala Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Tegalmlati Kec. Petarukan Kab. Pemalang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

UU No. 17 Tahun 2012 tentang Koperasi.

UU Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.