KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR

Rahmi Hayati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal luas bangun datar segi empat pada siswa kelas VII SMP N 1 Jeunib. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang mendeskripsikan suatu gejala dan peristiwa yang terjadi pada saat penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Jeunib pada bulan Desember 2019. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas VII-A SMP N 1 Jeunib yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket dan butir soal. Sedangkan, instrumen penelitian terdiri dari lembar wawancara dan butir soal, serta perangkat pembelajaran dan tes yang dirancang berdasarkan indikator koneksi matematis. Soal tes digunakan untuk mengumpulkan data penelitian tentang kemampuan matematis siswa pada materi luas bangun datar. Lalu, wawancara dilakukan untuk melihat faktor-faktor kemampuan matematis siswa. Penelitian ini mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematis yang disesuaikan dengan materi tentang bangun datar. Untuk mengetahui gambaran kemampuan koneksi matematis siswa, disusun instrumen melalui 3 butir soal, yang dikembangkan untuk mengukur kemampuan koneksi matematis; 1) aspek koneksi antartopik matematika, 2) aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain, dan 3) aspek koneksi dengan dunia nyata siswa/koneksi dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kemampuan koneksi matematis dalam aspek koneksi antar topik matematika, yaitu siswa kurang memahami dan menggunakan matematika dalam disiplin ilmu lainnya.

Kata kunci:  koneksi matematis, luas bangun datar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bergeson, T. 2000. Teaching and Learning Mathematics: Using Research to Shift From The “Yesterday” Mind to the “Tomorrow” Mind. Tersedia di www.k12.wa.us. diakses pada 10 November 2019.

Depdikbud. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdikbud.

https://srirayani.wordpress.com/2015/05/18/kemampuan-koneksi-matematika-dalam-pembelajaran-matematika/ diakses pada 10 November 2019.

Moleong, J. 2013 . Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di www.nctm.org. diakses pada 10 November 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.