PENERAPAN ANALISIS VARIANS MULTIVARIAT UNTUK MEMBANDINGKAN SD NEGERI, SWASTA DAN MI YANG PALING BANYAK DIMINATI DI KOTA BANDA ACEH

Wiwin Apriani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sekolah Dasar (Negeri, Swasta dan Madrasah) terhadap rata-rata nilai UASBN (Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA), serta untuk mengetahui sekolah yang paling banyak diminati di Kota Banda Aceh melalui penerapan analisis varians multivariat. Data penelitian berasal dari sekolah dasar di wilayah timur Kota Banda Aceh, meliputi Sekolah Dasar Negeri, swasta, maupun madrasah. Adapun jumlah keseluruhan sekolah di wilayah tersebut adalah 44 sekolah. Lalu, setelah dilakukan identifikasi terhadap sekolah yang paling banyak diminati, diperoleh 3 sekolah untuk dilakukan analisis lebih lanjut dengan menggunakan analisis MANOVA, yaitu SDN 1 Kota Banda Aceh untuk kategori SDN, SD Kartika untuk kategori SDS, dan MIN Banda Aceh untuk kategori madrasah. Dari ketiga jenis sekolah tersebut, dilihat pengaruhnya terhadap nilai UASBN setiap sekolah, dengan pelajaran yang diikutsertakan dalam UASBN siswa kelas VI periode 2017/2018 yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Proses perhitungan analisa data menggunakan seperangkat komputer dengan bantuan perangkat lunak Minitab 13 dan SAS 9.1. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa sekolah yang paling banyak peminatnya ditandai dengan jumlah pendaftar yang paling banyak, artinya sekolah tersebut merupakan sekolah yang banyak diminati atau sekolah favorit, yaitu SDN 1, SD Kartika dan MIN Banda Aceh untuk masing-masing jenis sekolah negeri, swasta dan madrasah. Dari ketiga jenis sekolah tersebut, MIN merupakan sekolah yang berpengaruh untuk pelajaran Bahasa Indonesia dan SDS merupakan sekolah yang berpengaruh untuk pelajaran IPA. Sedangkan semua jenis sekolah dasar memiliki pengaruh yang sama untuk pelajaran Matematika.

Kata kunci:  jenis sekolah dasar, paling banyak diminati, MANOVA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bartlett, M.S. 1951. The Goodness of Fit of a Single Hypothetical Discriminant Function in The Case of Several Groups. Annals of Eugenics.16, 199-214.

Gaspersz, Vincent. 1992. Teknik Analisis dalam Penelitian Percobaan. Bandung: Tarsito.

Hosmer, David W., Stanley, Lemeshow. 1989. Applied Logistic Regression. New York: USA.

Iriawan, Nur., Astuti, Puji Septin. 2006. Mengolah Data Statistik dengan Mudah Menggunakan Minitab 14. Yogyakarta: Andi.

Johnson, Richard A., Dean W. Wichern. 1992. Applied Multivariate Statistical Analysis Third Edition. New York: Prentice-Hall Inc.

Norman, Draper., Harry, Smith. 1981. Applied Regression Analysis, Second Edition. New York: Chichester, Brisbane, Toronto. John Wiley., Sons, Inc.

Sembiring. 1995. Analisis Regresi. Bandung: ITB.

Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.