EVALUASI KINERJA JALAN KOL. ALI BASYAH KOTA LHOKSEUMAWE

Idayani Idayani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja Jalan Kol. Ali Basyah Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan kajian deskriptif untuk mencari besarnya kapasitas dan derajat kejenuhan yang mempengaruhi aktivitas pasar Kota Jalan Kol. Ali Basyah Kota Lhokseumawe. Adapun pengukuran volume menggunakan metode pos pengamat tetap dan pengamat menghitung kendaraan yang lewat di depan pos serta mengklasifikasikan jenis kendaraan. Penelitian dilaksanakan pada ruas Jalan Kol. Ali Basyah Kota Lhokseumawe tanggal 27 s.d 29 Agustus 2018. Sumber data penelitian terdiri atas: 1) data primer, yaitu berupa data geometrik jalan dari ruas Jalan Kol. Ali Basyah Kota Lhokseumawe; dan 2) data sekunder, yaitu data yang berasal dari buku, literatur yang membahas tentang pedoman teknis dan data dari instansi terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Sedangkan analisis data menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel dan perhitungan arus kendaraan dengan metode MKJI 1997. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa volume lalu lintas Jalan Kol. Ali Basyah Kota Lhokseumawe puncak jam sibuk pagi terjadi pukul 09.00 s.d 11.00 sebesar 332 smp/jam, puncak jam sibuk siang terjadi pukul 12.00 s.s 14.00 sebesar 444 smp/jam dan puncak jam sibuk sore terjadi pukul 16.00 s.d 17.00 sebesar 289 smp/jam. Adapun  kapasitas ruas Jalan Kol. Ali Basyah Kota Lhokseumawe sebesar 1432,19 smp/jam, dengan kecepatan yang diperoleh setiap kendaraan 6,658 km/jam. Hal ini menunjukkan ruas jalan sudah sangat jenuh sehingga diperlukan perbaikan kinerja jalan, dengan tingkat hambatan samping jalan sebesar 497,7 SF/jam yang sangat mempengaruhi ruas jalan. Sedangkan, tingkat pelayanan yang diperoleh adalah E Arus terhambat, kecepatan rendah, volume di atas kapasitas dan banyak berhenti. Maka, perlu adanya peninjauan kembali oleh pemerintah dan kesadaran dari pengguna jalan untuk tertib.

Kata kunci:  kapasitas jalan, hambatan samping, volume lalu lintas, kecepatan, tingkat pelayanan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Kota Lhokseumawe. 2014. Produk Domestik Regional Bruto. Kota Lhokseumawe: BPS Kota Lhokseumawe.

Bina Marga, Dirjen. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Sweroad., Bina Karya.

Caesar, Dinata R. 2014. Analisis Kinerja Jalan Akibat Pengaruh Hambatan Samping di Jalan Diponegoro Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.

http://v3n1_5_ing.blogspot.com/Jurnal Teknik Sipil Vol. 3 No. 1 April 2007 Hal. 1-102. diakses pada tanggal 11 Januari 2008.

Morlok, Edward K. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Paulus, Danang Gunadi Putro. 2010. Evaluasi Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Ikhlas Samping Pasar Darurat Kota Magelang). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Silvia, Sukirman. 1994. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova.

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. Bandung: ITB.

Warpani, Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: ITB.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.