METODE ARIMA UNTUK MEMODELKAN VOLUME PRODUKSI KELAPA SAWIT PADA PT. SOCFINDO DI KABUPATEN ACEH TAMIANG

Wiwin Apriani, Rahmi Wahyuni, Novianti Novianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu model matematika yang dapat digunakan untuk meramalkan banyaknya kelapa sawit yang akan di produksi pada PT. Socfindo di Kabupaten Aceh Tamiang pada periode yang akan datang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder, berupa data hasil laporan banyaknya kelapa sawit yang siap di produksi tiap bulan di PT. Perkebunaan Socfindo Kabupaten Aceh Tamiang. Adapun data penelitian ini adalah data banyaknya kelapa sawit yang siap untuk diproduksi setiap bulannya dimulai dari Januari 2015 s.d Desember 2018. Metode penelitian adalah metode ARIMA, yang didasarkan atas data penelitian berupa data deret waktu. Maka, sebelum melakukan pengujian lebih lanjut, terlebih dahulu dipastikan bahwa data yang digunakan memenuhi keadaan stasioner. Sebelum membentuk sebuah metode ARIMA pada deret waktu, harus dilakukan 4 proses yang dijalankan yaitu: 1) mengidentifikasi metode dan uji stasioneritas terhadap data deret waktu volume penjualan kelapa sawit. Uji stasioneritas digunakan untuk mengetahui apakah deret waktu berbentuk stasioner atau nonstasioner; 2) mengestimasi dari model yang terbentuk;  3) memeriksa model dengan menggunakan nilai Q Box-Pierce; dan 4) peramalan terhadap model untuk lima periode ke depan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang telah dipaparkan di atas, disimpulkan bahwa data volume produksi kelapa sawit membentuk deret waktu yang stasioner. Lalu, dari uji kecocokan model diperoleh bahwa model MA (1) cocok untuk meramalkan model volume penjualan kelapa sawit kedepannya. Adapun model yang diperoleh, yaitu :  dengan .

Kata kunci:  metode ARIMA, memodelkan volume produksi kelapa sawit, PT. Socfindo


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Bruce, Bowerman., Richard, T O’Connell. 1997. Applied Statistic: Improving Business Process. Chicago, Times Mirror Higher Education Group, Inc.

John, E. Hanke., Dean, W. Wichern., Arthur, G. Reitsch. 2001. Business Forecasting. Seven Edition, USA, Prentice Hall PTR.

Makridakis. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan, Edisi 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Nur, Iriawan., Septin, Astuti. 2006. Mengolah Data Statistik dengan Mudah Menggunakan Minitab 14. Jakarta: Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.