PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEWANTARA

Ayu Mentari, Iba Harliyana, Sayni Nasrah

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik akrostik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP N 1 Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen melalui rancangan control group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Dewantara pada tahun ajaran 2019/2020. Adapun populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Dewantara terdiri atas 7 kelas yang berjumlah 214 siswa. Sedangkan sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang berjumlah 59 siswa, yaitu satu kelas eksperimen sejumlah 29 siswa dan satu kelas kontrol sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Tes yang dimaksud adalah tes yang akan diberikan kepada siswa sebelum dan setelah berlangsungnya proses pembelajaran, berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) berbentuk uraian. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan analisis uji hipotesis dan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis antara kelas eksperimen yang diterapkan teknik akrostik dan kelas kontrol yang tidak diterapkan teknik akrostik. Perbedaan tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan perhitungan program SPSS versi 18. Kelas kontrol menunjukan hasil uji hipotesis yaitu nilai t sebesar -2,397 dan sig. 0,20 nilai thitung< ttabel dan nilai sig > 0,05, sehingga Ha ditolak dan H0 diterima, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan nilai hasil pre-test dan post-test pada kelas kontrol. Lalu, pada kelas eksperimen hasil analisis uji hipotesis mendapat nilai t sebesar 5,246 dan sig 0,000. Nilai thitung > ttabel dan nilai sig. menyatakan < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, nilai rata-rata (mean) kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan penerapan teknik akrostik bernilai lebih tinggi dan terlihat pengaruh penggunaan teknik akrostik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP N 1 Dewantara.

Kata kunci:  pengaruh, penggunaan, teknik akrostik, keterampilan, menulis puisi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Errnawati, Oki Dwi., Santi, Pratiwi Utami. 2017. Keefektifan Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi Menggunakan Teknik Akrostik dan Teknik Latihan Terbimbing dengan Media Video Keindahan Alam untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6 No. 2 Hal 17-20.

Gustira, Maya. 2014. Apresiasi Puisi. Klaten: Intan Pariwana.

Iskandar, Deni. 2013. Aplikasi Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Bandar Publisher.

Nugiantoro. 2000. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nugroho, Arifin Rifan. 2014. Keefektifan Strategi Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Wates. Skripsi (internet), http://text-id.123dok.com/document/y9g256lq-keefektifan-strategi-pembelajaran-menulis-puisi-dengan-teknik-akrostik-pada-siswa-kelas-viii-smp-negeri-5-wates.html. diakses pada 03 Juli 2019.

Purnawati, Mimik. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Menulis Puisi Akrostik. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.

Sari, Dewi Kartika. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2015/2016. tesis (internet), http://digilib.unila.ac.id/21645/. diakses tanggal 05 Juni 2019.

Sayuti, Suminto A. 2008. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surastina. 2018. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.