PEMAHAMAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA TERHADAP FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA DALAM RAGAM LISAN

Radhiah Radhiah, Syahriandi Syahriandi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia dalam ragam lisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober s.d November 2019 di Prodi. Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Malikusaaleh. Adapun sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Prodi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Sumber data ini diambil dengan alasan bahwa mahasiswa Prodi. Pendidikan Bahasa Indonesia seharusnya memahami kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia dalam komunikasi lisan. Peneliti sering menemukan hal-hal yang berhubungan dengan pemahaman mahasiswa terhadap kedudukan fungsi Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi (teknik simak) dan wawancara. Sedangkan, teknik analisis data dilakukan melalui langkah reduksi dan identifikasi data, transkrip data, klasifikasi/pengelompokkan data dan analisis data serta menarik simpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia harus menjadi hal yang selalu diperhatikan dalam penggunaan ragam lisan, serta harus menjadi bahasa pemersatu, bahasa yang memudahkan antara si pembicara dan lawan bicara untuk saling memahami. Adapun dalam penelitian ini, didapati tiga aspek yang dilakukan mahasiswa sebagai gambaran ketidakpahaman mahasiswa terhadap fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia dalam ragam lisan, berupa: a) aspek lawan bicara, b) aspek keformalan, dan c) aspek kosakata.

Kata kunci:  pemahaman, fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia, ragam lisan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloomfield, Leonard. 1995. Language ‘Bahasa’. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chaer, Abdul., Leonie, Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.

Kushartanti., dkk. 2005. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguistik suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Ohoiwutun, Paul. 2002. Sosiolinguistik: Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan. Jakarta: Visipro.

Rahardi, R. Kumjana. 2001. Sosiolinguistik, Kode dan Alih Kode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Rahardi, Kunjana. 2010. Kajian Sosiolinguistik: Ihwal Kode dan Alih Kode. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sibarani, Robert. 1992. Hakikat Bahasa. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Sumarsono., Paina, Partama. 2004. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Sabda.

Suwito.1996. Sosiolinguistik Pengantar Awal. Surakarta: Henary Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.