FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA DI SMK SWASTA ARJUNA LAGUBOTI KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN 2018

Dosmaida Dosmaida, Tri Niswati Utami, Linda Hernike Napitupulu

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku merokok di SMK Swasta Arjuna Laguboti Kabupaten Toba Samosir Tahun 2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian gabungan (mix method), yaitu penelitian yang menggunakan kombinasi antara penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan dan mengukur objek yang diamati. Metode penelitian campuran merupakan produk paradigma pragmatis dengan memadukan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam perbedaan tahap penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2019 di SMK Swasta Arjuna Laguboti Kabupaten Toba Samosir, yang didasarkan pada masalah tingginya jumlah siswa perokok di SMK tersebut. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Swasta Arjuna Laguboti yang berjumlah 71 siswa. Sedangkan, sampel penelitian diperoleh melalui teknik total sampling yaitu seluruh populasi yang berjumlah 71 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tersedia rokok, teman sebaya, alasan psikologis dengan perilaku merokok di SMK Swasta Arjuna Laguboti Kabupaten Toba Samosir tahun 2019.

Kata kunci: faktor, berhubungan, perilaku merokok


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

John, W. Cresswell. 2013. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priyoto. 2014. Teori, Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Saryono. 2011. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Indonesia, KKR. Infodatin-Hari-Tanpa-Tembakau-Sedunia.Pdf. 2017.

https://id.wikipedia.org.wiki.hari tanpa tembakau sedunia, diakses tanggal 10 Oktober 2018.

Widianti, EV. 2014. Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Merokok Siswa SMP Negeri X Kota Bogor. Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.

Widiansyah, M. 2014. Faktor Penyebab Perilaku Remaja Perokok di Desa Sidorejo Kabupaten Penajam Paser Utara. Universitas Mulawarman: Jurnal Sosial, ejurnal sos.fisip.2(4):1-12.

Yulviana, R. 2007. Faktor yang Berhubungan dengan Kebiasaan Merokok pada Remaja Putra Kelas X dan XI di SMA Negeri 6 Pekanbaru. Pekan Baru: Jurnal Kesehatan Komunitas, Vol 2. No. 6, Prodi. Ilmu Kesehatan Masyarakat Stikes Hang Tuah Pekan Baru.

Hajar, S. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Remaja SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun 2017. Universitas Diponegoro: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Vol. 7 No. 1.

Nurkamal, E., Nursalim, Darmawan, S. 2014. Faktor yang Mempengaruhi Kebiasaan dan Perilaku Merokok Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Pare-Pare. Makassar: Junal Kesehatan Diagnosis. Stikes Nani Hasanuddin Makassar, Vol. 4 No. 2.

Mulyani, TSI. 2015. Dinamika Perilaku Merokok pada Remaja. Makassar: Pascasarjana Psikologi Universitas Hasanuddin Makassar.

Najmudin, N., Fauzi, F., & Ikhwani, I. (2019). Program Kedisiplinan Siswa Di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School) SMA Babul Maghfirah Aceh Besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 183-206. doi: 10.30868/ei.v8i2.430

Etrawati, F. 2014. Perilaku Merokok Pada Remaja: Kajian Faktor Sosiol Psikologis Adolescent Smoking Behavior: Study of Socio Psychological. Universitas Sriwijaya: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol. 5, issue 2.

Sumut, D. 2017. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Sumatera Utara: Dinkes. Provinsi Sumatera Utara.

Harian Metro 11 Mac 2017. Statistik Moral Remaja Kita. Harian Metro. 2017; https://www.hmetro.com.my. diakses tanggal 10 september 2018.

Depkes, RI. Merokok tak ada untung banyak sengsaranya. Kemenkes. 2017 www.depkes.go.id.article.print.merokok tak ada untung banyak sengsaranya, diakses tanggal 12 September 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.