FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI PUSKESMAS BATUNADUA

Nurhalimah Harahap, Asri Wati, Anto Anto

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan UKS di wilayah kerja Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan, pada bulan November 2018 s.d April 2019. Adapun sampel penelitian adalah sebagian guru yang aktif dan terdaftar sebagai pembina UKS di sekolah dalam wilayah kerja Puskesmas Batunadua sebanyak 20 sekolah berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampel atau exhaustic sampling. Metode pengumpulan data dengan pengisian kuesioner dan dokumentasi berupa data deskriptif. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat, dengan menggunakan uji statistik regresi logistik ganda pada α = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulan bahwa: 1) terdapat hubungan sarana dan prasarana terhadap pelaksanaan UKS di wilayah kerja Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan, terlihat dari hasil uji chi square menunjukkan bahwa nilai p=0,000 < 0,05; 2) terdapat hubungan sumber daya manusia terhadap pelaksanaan UKS di wilayah kerja Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan, terlihat dari hasil uji chi square menunjukkan bahwa nilai p=0,018 < 0,05; dan 3) variabel yang paling mempengaruhi pelaksanaan UKS di wilayah kerja Puskesmas Batunadua Kota Padangsidimpuan adalah variabel sarana dan prasarana dengan nilai Exp B = 14.625.

Kata kunci: faktor, berhubungan, UKS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Iqbal, M. (2014). Implementation of School Culture Based of Islamic Sharia in Senior High School in the District Peusangan Bireuen. Academic Research International, 5(6), 304.

Widya, N. 2016. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di tingkat Sekolah Dasar Wilayah Kerja Puskesmas Pamulang Kota Tangerang Selatan. Tesis tidak dipublikasikan: UIN. Syarif Hidayatullah.

Muhammad, I. 2006. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.

Notoadmojo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Supartini. 2004. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: Egc.

Trihono. 2005. Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat. Jakarta: Sagung Seto.

Wong. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: Egc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.